myimage.id | Perayaan pengambilan Air Suci Umbul Jumprit 2017 dilakukan di Umbul Jumprit yang letaknya di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Mulai tahun 1987 Air Suci Umbul Jumprit termasuk dalam bagian Tri Suci Waisak dimana 3 hari menjelang Waisak tiap tahunnya para bhiksu dari 8 aliran agama Budha berdoa lalu mengambil air suci sebagai prosesi awal Waisak di Borobudur yang sebelumnya di semayamkan dulu di Candi Mendut bersama api abadi yang di ambil dari Mrapen.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

Sekarang kawasan ini merupakan kawasan Wanawisata Kabupaten Temanggung, dimana air yang terkandung di dalamnya tidak pernah kering, penyebabnya adalah di kawasan ini masih banyak sekali pohon-pohon besar dan banyak sekali yang di lindungi keberadaannya oleh masyarakat setempat.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

Akses menuju kawasan air suci jumprit sangat mudah sekali. Menuju kawasan ini kita pasti diberi pemandangan pedesaan yang masih banyak penduduknya bermata pencaharian dari hasil pertanian, dengan latar belakang pegunungan Sindoro Sumbing. Air yang ada di kawasan ini banyak di manfaatkan oleh para penduduk untuk mengaliri lahan pertaniannya.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

BAGIAN DARI TRI SUCI WAISAK

Air Suci Umbul Jumprit ini digunakan sebagai bagian dari Tri Suci Waisak 2561 BE/2017 dengan alasan bahwa air yang dikandung sangat baik sekali dengan kandungan spiritual bagus di banding dengan air umbul lainnya. Maka dipilihlah Air Suci Umbul Jumprit ini oleh Bhiksu Buddha Indonesia maupun dari luar negeri seperti Thailand dan Srilanka. Waisak tahun ini mengambil tema Tingkatkan Kesadaran menjadi Kebijaksanaan dengan sub tema Kembangkan hati Buddha dan Potensi ke Buddhaan.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

Pada acara doa bersama di ikuti oleh 8 Majelis Buddha antara lain Sangha Theravada, Tantrayana, Tridharma, Kasogatan, Mahayana, Mapan Bumi, Mahanikaya dan Madantantri.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

Air suci merupakan bagian dari jiwa manusia dan merupakan pegangan hidup. Tri Suci Waisak berhubungan erat dengan riwayat hidup Sang Buddha Gautama yang di mulai dari lahirnya kemudian mencapai penerangan kesempurnaan sampai pada wafatnya.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

UPACARANYA.

Pada upacara Puja Bhakti di Umbul Jumprit ini semua majelis berdiri di depan altar untuk memanjatkan doanya. Mereka berdoa agar pengambilan Air Suci Umbul Jumprit 2017 menjadi air berkah di hari Waisak dimana di Candi Borobudur nanti akan dipersembahkan kepada para Dewa dan Bodhisatva bagi umat Budha. Air dilambangkan sebagai kesejukan, kemurnian, kesucian, kesehatan dan kesejateraan.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

Pengambilan Air Suci Umbul Jumprit 2017 sebenarnya untuk mengenang bermulanya Sang Budha Gautama masuk kota Vesali, dimana kota ini sedang dilanda penyakit aneh dan banyak sekali yang meninggal karena penyakit ini. Maka Sang Buddha Gautama minta para umat Budha supaya berdoa membaca Paritha Surike yang menggunakan media air kemudian dipercikan kepada manusia yang kena penyakit aneh itu, dan hasilnya mereka sembuh semua setelah kena air suci ini.

Air Suci Umbul Jumprit 2017

Tip dan trik yang bisa saya berikan untuk liputan ini adalah mulai 2 tahun ini yang boleh meliput moment pengambilan Air Suci Umbul Jumprit 2017 haruslah para pewarta foto (wartawan), kalau anda bukan wartawan dengan ID yang resmi saya pastikan anda tidak akan dapat masuk dalam kawasan umbul jumprit ini untuk mengabadikan acara ini. Paling gampang untuk bisa mengabadikan momen disini, anda setidaknya punya teman wartawan yang bisa mengajak anda  kesini sebagai asistennya. Ini bagian dari trik  saja….selamat mencoba. (Soebianto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here