myimage.id | Pengambilan Api Abadi di Mrapen termasuk dalam upacara Ritual Api Alam Tri Suci Waisak di laksanakan di desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan atau yang lebih di kenal masyarakat api abadi Mrapen.

API ABADI MRAPEN

Api Abadi Mrapen yang ada pada desa ini merupakan suatu fenomena alam dimana disini gas alam yang keluar dari perut bumi tersulut oleh api yang sampai sekarang tidak pernah padam. Api ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, selain dipergunakan sebagai bagian dari Tri Suci Waisak fenomenya ala mini juga di gunakan untuk penyulutan api di Pekan Olah Raga Nasional selama ini.

API ABADI MRAPEN

JALANNYA UPACARA

Pengambilan Api Abadi Mrapen dalam upacara Ritual Api Alam Tri Suci Waisak 2561 BE/2017 sekitar jam 09.00 wib dimulai. Dihadiri oleh Majelis-majelis agama Buddha dan LKBI serta turut serta para pejabat pemerintah Kabupaten Grobogan. Acara di mulai dengan doa dari semua majelis-majelis agama Buddha secara bergantian dengan para Sangha dan Rohaniwan dan LKBI.

API ABADI MRAPENAPI ABADI MRAPENAPI ABADI MRAPENAPI ABADI MRAPEN

Setelah berdoa secara bergantian maka kemudian di lanjutkan dengan acara pengambilan Api Abadi Mrapen yang masuk dalam Tri Suci Waisak. Api ini di dalam agama Buddha adalah symbol memancarkan cahaya yang dapat menghapus kegelapan hidup sehingga kita manusia menjadi terang hidupnya dan di beri semangat dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Pengambilan Api Alam Tri Suci Waisak di lakukan beberapa tahap mulai dari para majelis-majelis agama Buddha, LKBI yang terahkir adalah para pejabat pemerintahan Grobogan. Setelah ini selesai api di bawa ke mobil dimana di dalam mobil sudah disiapkan obor yang nantinya di bawa dan disemayamkan di candi Mendut bersamaan dengan air suci dari Umbul Jumprit di sakralkan oleh para Sangha dan rohaniwan, Majelis-majelis Agama Buddha dan LKBI yang nantinya di persembahkan di candi Borobudur.

API ABADI MRAPEN

API ABADI MRAPEN

Upacara Api Abadi Mrapen dalam Tri Suci Waisak menjadi hikmah bagi kita manusia yang taat pada yang kuasa. Dari symbol Api Alam Tri Suci Waisak merupakan perlambang Api Dharma, yang melukiskan Umat Budda menemukan pelita kehidupan di hati manusia. Seperti yang di harapkan dalam tema Waisak tahun ini yaitu Tingkatkan Kesadaran menjadi Kebijaksanaan dengan sub tema Kembangkan hati Buddha dan Potensi ke Buddhaan. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here