“Belajar dengan berguru, akan lebih terarah, baik dan benar”.

myimage.id | Belajar motret apakah perlu? Ketika melihat foto yang bagus, biasanya orang tertarik dan bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkannya? Di mana lokasinya? Kamera apa yang dipakai? Dan masih banyak variasi pertanyaan lainnya. Jawabannya pun bisa beragam, tergantung siapa yang menjawab. Tapi prinsip untuk mendapat foto yang baik adalah belajar dan berlatih. Pertanyaan berikutnya belajar dan berlatih yang baik soal fotografi itu bagaimana?

Situasi workshop belajar motret yang diadakan oleh Digimage Photography

Sebagai pengetahuan, fotografi adalah ilmu yang unik, karena siapa saja bisa mempelajarinya tanpa harus mempunyai bakat seni. Dahulu ketika internet belum ada, umumnya orang belajar motret secara mandiri atau otodidak. Artinya berlatih dari kesalahan dan memperbaikinya sehingga mendapatkan hasil foto yang terbaik.

Kemudian ketika buku mengenai fotografi mulai ada, orang bisa belajar motret dengan membaca buku. Mempraktekkan apa yang tertulis dalam buku tadi. Belajar dengan buku hampir sama dengan otodidak, sama-sama tidak ada yang bisa diajak diskusi atau bertanya bila ada kesalahan.

Ketika internet semakin marak, orang sudah bisa belajar motret dengan melihat situs-situs fotografi dan berdiskusi dengan lebih banyak orang, problemnya ada yang mau berterus terang jika ditanya, ada pula yang cenderung berkilah atau menyembunyikan ilmunya. Pada tahap ini hasil yg diperoleh hampir sama dengan belajar sendiri maupun dengan membaca buku, apabila sampai tahap tertentu problem tidak terpecahkan, bisa jadi frustrasi atau putus asa. Sering didapati orang berhenti memotret karena tidak bisa mendapatkan jawaban yang baik dan memilih untuk menyerah.

Makin kesini, internet dan perkembangan smartphone membuat orang banyak berinteraksi dalam media sosial, belajar fotografi pun bisa melalui youtube, google, komunitas-komunitas maupun grup-grup dadakan yang terbentuk sesuai minat fotografinya. Permasalahannya kadang kalau jadi newbie agak sungkan untuk bertanya atau ngumpul, meski tergantung budaya komunitasnya juga. Ada komunitas yang terbuka dan adapula yang cenderung senang membully member baru. Sehingga mesti pinter milih komunitas mana yang akan diikuti, karena kalo salah pilih, bisa jadi frustrasi lagi.

 

Asyiknya

Pilihan yang baik untuk belajar motret versi saya adalah dengan kursus atau mencari guru. Bukannya karena saya membuka Pelatihan Fotografi, tapi juga pengalaman dahulu belajar motret. Awalnya memang otodidak, terasa lama dan cukup melelahkan, ya dulu belum ada internet, belum banyak buku dan fotografi masih ditekuni sedikit orang. Tak banyak yang bisa dimintai informasi, pola komunikasi yang ada juga belum revolusioner seperti sekarang ini. Realtime. Saya sendiri mulai belajar (berguru) ketika mulai kuliah, dengan meninggalkan ego bahwa saya sudah bisa motret. Asyiknya belajar motret dengan guru adalah, materi yang diberikan bisa tertata dan urut, kemudian bisa bertanya apabila ada kesulitan dan bisa langsung memahami apa yang ingin kita lakukan dengan fotografi.

Kendala

Kendala belajar dengan guru adalah membutuhkan waktu tersendiri (meski juga bisa diatur) dan tentu saja budget atau biaya. Ini yang mesti diubah, karena semua memang butuh pengorbanan. ‘Jer basuki mawa bea’ kata orang Jawa, bahwa harus ada biaya (pengorbanan) untuk sebuah kesuksesan. Belajar melalui internet maupun bertanya sesama teman komunitas pun membutuhkan biaya, entah kuota internet atau secangkir kopi teman berbicara. Saran saya bagi yang ingin belajar fotografi atau membeli kamera, sisihkan dana untuk mengikuti kursus fotografi, minimal dasar fotografi, karena hal ini yang akan menjadi dasar dalam menekuni bidang fotografi.

Pilihannya ada pada diri Anda sendiri, apakah akan otodidak, membaca buku, belajar dari internet dan komunitas atau belajar motret dengan guru. Silahkan kontak kami untuk info kelas-kelas yang ada. (Rahman Hakim)

1 COMMENT

  1. prinsipnya belajar sesuai apa yg diinginkan bisa…
    tapi terkadang satu teknik atau trik fotografi berkaitan dengan yang lain,
    semisal untuk mengerti soft focus, maka setidaknya sudah paham benar dasar fotografi.
    silahkan kontak kami di HP/WA 08122916106 untuk informasi lebih lanjut… terima kasih
    hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here