myimage.id | Manual book camera adalah buku petunjuk penggunaan kamera dan lensa yang disediakan oleh para vendor untuk memberikan kemudahan para pengguna dalam pengoperasian kamera atau lensa untuk mendapatkan hasil yang maksimal. tapi kadang sudah disediakan manual book camera kita malah tidak pernah membaca atau bahkan manual book camera tersebut malah hilang, terselip, tak sempat membacanya, dan berjuta alasan lainnya. Jangan abaikan Read The Manual First (RTMF)

Manual Book Camera

Ketika kita memutuskan untuk membeli sebuah kamera, maka kita juga berharap bisa menghasilkan foto-foto yang bagus, foto-foto yang indah, foto-foto yang menyenangkan sebagai kenangan akan berbagai peristiwa di sekitar kita. Namun seringkali harapan itu pupus sesaat melihat hasil foto belum seperti yang kita harapkan. Entah warnanya kurang cerah, gambar kurang tajam, dan beberapa persoalan teknis lainnya. Adakah sesuatu yang salah? Atau kurang kita perhatikan?

Sebenarnya, diluar kemampuan teknis fotografi yang mestinya wajib dimiliki fotografer, adalah pengetahuan mengenai alat. Pemahaman pada fungsi, menu dan berbagai fitur yang ada pada kamera. Tombol-tombol yang ada pada kamera sudah didesain posisinya untuk membantu kinerja fotografer, dan sesuai pula dengan kelas kameranya. Permasalahannya apakah fotografer mengerti penggunaan tombol-tombol tersebut.

Nah, bila ingin mendapatkan foto yang bagus, tips pertama, mulailah dengan membaca dengan baik dan benar, Manual Book Camera, yang biasanya ada pada saat pembelian. Di dalam buku itu, ada spesifikasi kamera, nomenclature, pengenalan tombol beserta fungsinya, setting kamera, pengoperasian kamera, tips penanganan kamera, juga kadang disertakan contoh foto.
Banyak pengetahuan yang bisa diperoleh dengan membaca buku itu.

Buku panduan ini biasanya ada dalam dus kamera dan kita dapatkan saat pembelian awal, meskipun ada juga perusahaan yang memilih untuk menempatkan PDF manual booknya secara online dan diharapkan kita mendownloadnya. Kasus lain bila kita membeli kamera bekas, seringkali Manual Book Cameranya sudah tidak disertakan. Entah membeli secara batangan (no box) atau memang hilang. Coba saja untuk mencari PDF nya di situs produsen kamera.

Kebanyakan pemula yang membeli kamera, malas membaca manual book ini, padahal di dalam buku panduan ini, banyak hal yang bisa membantu kita mengerti cara kerja kamera dan dasar-dasar fotografi secara umum. Dalam dunia teknologi, ada akronim RTMF atau Read the Manual First yang terjemahan bebasnya “Pertama-tama, baca dulu buku petunjuknya”.

Selamat membaca. Jangan segan untuk “Read the Manual First“. (Rahman Hakim)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here