Bagian Tengah, Pasar Johar…. Riwayatmu Dulu #3

2
1144
bagian tengah

myimage.id | Bagian tengah pasa johar ini adalah bagian ketiga tentang Pasar Johar, memotret aktivitas pedagang lantai 1 mulai dari bawah Kantor Pasar Johar, seperti penjual kosmetik,bandeng, kue kering, baju-baju hingga ke area agak belakang meliputi pedagang bahan makanan mentah, jamu, dan sedikit sayuran. Oh ya, bagi yang terlewat bisa melihat bagian 1 di Pasar Johar… Riwayatmu Dulu #1 dan bagian 2 di Pasar Johar… Riwatmu Dulu #2.

Memang bisa dibilang Pasar Johar Semarang ini berisi berbagai macam barang. Pada bagian tengah utara, berbagai macam konveksi mulai aneka batik, hem, baju wanita, pria dewasa, anak-anak, pakaian dalam dan asesorisnya, grosir jam tangan juga reparasi jam tangan ada pada bagian ini.

Setelah melewati bagian ini kita akan masuk di area bawah kantor pasar. Yang terkenal disini dulu adalah Bandeng Pak Kumis. Ada juga es Gempol yang selalu laris. di sekitarnya ada kosmetik, aneka kue kering, berbagai sepatu, dan ‘daleman’ wanita.

Masuk ke dalam lagi kita akan menemui lapak bahan mentah, seperti aneka kacang-kacangan, aneka kerupuk, petis, emping, mete, abon dan kue basah. Bergeser sedikit beraneka produk setengah jadi seperti minuman instan, permen dan cookies.

Lebih ke tengah, ada lapak aneka jamu godog, yang legendaris Jamu Bu Agus, Jamu Nya Tambah. kemudian lapak beraneka bahan kue, bahan masakan, katering dan juga kue. terkesan agak campur baur, tapi ya begitulah dinamikanya.
Saking khasnya setiap bagian, kadangkala tanpa melihat tokonya, karena bau yang cukup menyengat kita sudah tahu ada di bagian apa. Misal di bagian Jamu, terasa sekali aroma rempah-rempah, sementara di bagian bahan roti dan kue, wangi bahan roti maupun roti yang sudah jadi terasa sekali. Atau kalo misal ke bagian belakang aroma bawang merah bisa menunjukkan kalo kita sudah masuk dalam sekali.

Memotret Pasar tradisinal bagian dalam dengan suasana cenderung kurang cahaya (low light) memang membutuhkan kiat tersendiri. Pemakaian ISO yang tinggi pada beberapa kamera malah memunculkan noise yang kadang mengganggu, atau misal menggunakan kecepatan lambat, kadang kala malah gambar terlihat goyang dan berefek kurang tajam. Sementara penggunaan flash sebaiknya dihindari, karena selain menarik perhatian, bisa jadi malah mengganggu aktivitas baik pembeli maupun penjual. (Rahman Hakim)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here