myimage.id | Wallpaper adalah gambar yang ada di halaman lcd paling depan di handphone atau laptop yang bisa kita buat sendiri dengan fasilitas handphone atau kamera yang kita punyai sekarang ini dengan mudahnya. Dengan membuatnya sendiri saya rasa akan lebih memuaskan karena foto atau gambar apa yang kita inginkan akan tercapai dengan sendirinya.
Banyak alat yang bisa gunakan untuk membuat wallpaper. Salah satunya melalui fotografi. Saat ini fotografi bukan hanya sekadar alat dokumentasi semata, tapi juga sudah menjadi gaya hidup atau life style.Setiap hari jutaan file foto dihasilkan, dari mulai bangun tidur hingga hendak tidur lagi. Dari foto serius hingga sekadar iseng saja. Dari kamera Handphone hingga DSLR tercanggih. Nah, dari kegiatan memotret ini, sudahkan Anda menghasilkan foto yang bagus?
Permasalahannya foto yang bagus itu seperti apa? Saya belum bisa memotret dengan baik. Saya belum bisa menghasilkan foto yang bagus. Hingga berjuta alasan lainnya. Nah tips dari saya kali ini bisa dicoba…. Cobalah membuat foto untuk wallpaper gadget Anda sendiri. Bisa untuk Smartphone atau Notebook.
Mengapa wallpaper gadget? Ya, karena saya yakin, tiap hari Anda tak pernah lepas dari gadget. Dan melihat wallpaper adalah hal tidak sengaja yang Anda lakukan. Jadi kalo satu pilihan foto wallpaper bisa bertahan lama, Anda bisa berasumsi foto itu bagus, setidaknya menurut Anda.
Mulailah memotret di sekitar kita dan bisa jadi hal yang sederhana. Foto ini saya ambil sehabis hujan di kebun depan rumah. Cobalah beberapa komposisi yang Anda suka, jangan lupa memotret dengan format portrait (berdiri) untuk wallpaper smartphone dan format landscape (mendatar) untuk wallpaper komputer.
Wallpaper
Foto daun yang basah karena titik air hujan

Penampakan sebelum pemotretan sama seperti bila kebun kita habis hujan…. basah semua.

Wallpaper
Banyak obyek menarik sehabis hujan… hati-hati… air… jangan sampai terciprat ke gadget kita.
Tidak ada alasan untuk tidak memotret karena keterbatasan alat, foto yang saya jadikan contoh adalah foto yang saya ambil menggunakan kamera smartphone. Prinsipnya, tidak perlu buru-buru. Perhatikan pencahayaan pada situasi optimum, jangan terlalu gelap, kemudian usahakan kamera tidak shake atau goyang pada saat memotret. Bila ada menu pengesetan kecepatan bisa di setel pada 1/125.
Dan hasilnya setelah diaplikasikan menjadi wallpaper akan seperti ini…
Wallpaper
Screenshoot hari ini…. 🙂
Selamat mencoba terus dan selalu konsisten dalam belajar foto, niscaya pada satu titik akan mendapat hasil yang sangat sempurna. (Rahman Hakim)
SHARE
Previous articleSerat Chentini KAMASUTRA nya orang Indonesia.
Next articleFoto Siang Kesan Malam
R Khakim, lebih dikenal dengan nama Rahman Hakim, kelahiran Semarang tahun 1971. Mengawali belajar fotografi sejak 1985 dan memperoleh penghasilan dari aktivitas fotografi sejak 1989. Membantu peliputan dan pemotretan untuk majalah Hai Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here