myimage.id | Beternak kambing etawa  unggulan banyak dilakukan oleh masyarakat untuk dapat dimanfaatkan sebagai penghasil susu atau sebagai kambing daging, bahkan dilombakan atau dikonteskan karena bentuknya yang bagus dan gagah. Oleh karena itu banyak sekali orang beralih dari kambing jawa menjadi beternak kambing etawa  unggulan.

  1. Bapak Nasrodin salah satunya, dia beternak kambing etawa  unggulan yang jenisnya kambing super atau biasanya disebut kambing etawa unggulan, mulai dari umur 5 bulan beli kambing etawa ini dari kaligesing Purworejo yang merupakan pusatnya kambing etawa unggulan.

  1. Setiap pagi dan sore beliau menyabit rumput untuk pakan ternaknya. Tip yang dilakukan pak Nasrodin kalau mencari rumput sebaiknya dilakukan kalau tidak ada embunnya pada rumput karena dapat menyebabkan sakit pilek pada  kambing etawa unggulan ini.

  1. Rumput yang segar dan baru akan lebih baik sebagai pakan ternak kambing etawa. Dimana rumput ini didapatkan disekitar kandang ternaknya. Pakan secukupnya dan tidak berlebihan akan lebih baik untuk perkembangan kambing etawa ini.

4. Makanan ternak kambing etawa unggulan selain rumput didapat dari makanan tambahan yang biasanya di                         sebut  “komboran”, sejenis makanan dari ampas tahu yang dicampur dengan sejenis cairan kimia yang                            prinsipnya  dapat menambah stamina kambing etawa ini.

  1. Sebelum memeras susu kambing etawa, kandang harus dibersihkan dari kotoran-kotoran sisa rumput bahkan dari kotoran kambing etawa sendiri dan sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan secara keseluruhan.

  1. Kambing etawa unggulan yang siap diperas susunya biasanya berumur antara 14 bulan sampai 18 bulan. Memeras susu dilakukan sehari dua kali. Rata-rata didapat 2 liter per ekor, dan sebaiknya dilakukan secara rutin karena akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas hasil susunya.

  1. Susu kambing etawa unggulan dikemas dalam botol sebanyak 200 ml. Dengan kemasan yang menarik dari botol kaca, susu kambing etawa ini ditawarkan pada para pembeli dengan harga Rp. 25.000 per botolnya. Tentu saja harga segitu tidaklah mahal.

  1. Biasanya pembeli susu kambing etawa unggulan ini adalah pelanggan setia yang tahu khasiat susu. Selain dapat menyembuhkan berbagai penyakit, susu kambing etawa ini dapat menambah stamina menjadi lebih bugar. (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here