myimage.id | Buka bersama bubur India di Masjid Jami Pekojan Semarang merupakan suatu tradisi yang sudah turun menurun di lakukan setiap jelang bulan puasa menghadapi Hari Raya Ramadhan.

Buka bersama bubur India

Membuat bubur India merupakan tradisi yang di lakukan pada bulan puasa saja di Masjid Jami Pekojan ini. Masjid Jami Pekojan letaknya di Kampung Pekojan, Kelurahan Purwadinatan, Kecamatan Semarang Tengah.

Buka bersama bubur India

Masjid Jami Pekojan Semarang di bangun 1309 H atau 1878 Masehi. Asal mula bubur India ini berasal dari para pendatang India, Arab dan Gujarat, mereka datang ke Semarang untuk berdagang serta menyiarkan agama Islam.

Buka bersama bubur India

Mereka memulai tradisi buka bersama bubur India dan melakukan kegiatan ini selama masa menghadapi bulan Ramadhan, dan sampai sekarang telah puluhan tahun tradisi ini diteruskan oleh generasi selanjutnya.

Buka bersama bubur India

Bubur India ini di masak di panci besar. Dengan resep yang masih terjaga terus yang diwariskan, maka rasanya dari dulu sampai sekarang tetap lezat kalau di santap pada buka Puasa. Dimasak dengan 8 jenis rempah seperti jahe, bawang putih, cangkeh, kayu manis, pandan, serai, santan di campur bersama beras dan di aduk sampai matang.

Buka bersama bubur India

Setelah matang bubur ini di masukan di mangkuk dan di tambahi dengan lauk gulai kambing serta telur. Hidangan ini tambah lengkap dengan teh manis hangat serta buah semangka dan kurma yang segar.

Buka bersama bubur India

Dari jam 16.00 Wib sudah banyak para pendatang yang hadir di Masjid Jami Pekojan Semarang ini. Mereka rata-rata penduduk sekitar Pekojan tapi banyak juga para pendatang yang ingin menikmati hidangan bubur India ini, rata-rata mereka penasaran dengan rasanya, dan yang jelas rasanya sangat nikmat sekali.

Buka bersama bubur India

Bahkan ada beberapa pengunjung yang minta hidangan ini untuk di bawa pulang dan disantap dirumahnya. Setiap harinya Masjid Jami Pekojan ini menghidangkan sekitar 200 sampai 300 porsi bubur India.

Buka bersama bubur India

Mulai dari anak-anak sampai orang tua bila pada masa bulan puasa ini pasti akan kangen dengan bubur India buatan Masjid Pekajon ini. Siapapun boleh datang dan menikmati hidangan bubur india ini. Sekali merasakan pasti akan ingin lagi. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here