myimage.id | Curug Lawe adalah wana wisata air terjun yang letaknya di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupeten Semarang. Curug lawe merupakan air terjun yang unik, selain bentuk lahannya yang melengkung hampir 270 derajat, air terjun ini memiliki air terjun utama yang ada di tengah-tengah lokasi yang melengkung juga memiliki anak air terjun yang kecil-kecil yang ada disekitarnya kurang lebih 25 buah (selawe, dalam bahasa jawanya), makanya disebut Curug Lawe.

Curug Lawe

Wana wisata air terjun Curug Lawe ini berada di tanah perhutani KPH  Kedu Utara, tapi dalam pengelolaannya bekerja sama dengan pihak desa untuk mengelola obyek wana wisata ini. Harga Tiket masuk hanya Rp. 4.000, dan parkir Rp. 2.000, lokasi parkir dapat untuk mobil maupun sepeda motor dan lokasinya aman dan nyaman.

Untuk menuju lokasi Wana wisata Curug Lawe ini kita dapat memakai mana saja, karena banyak sekali alternatif yang dapat kita lalui tergantung kita mau lewat mana yang terdekat dengan posisi kita sekarang. Beberapa alternative menuju lokasi:

1. Dari Alon-alon lama kota Ungaran, dari kita dapat melewati dengan apa saja maksudnya kita dapat berjalan kaki, sepeda motor sampai pakai mobil semua bisa kita lakukan. Dari arah ini kita menuju ke arah desa lerep terus glorok sampai terahkir di desa kalisidi. Sekali lagi jangan takut tersesat karena banyak sekali tulisan petunjuk arah yang terpasang sebagai petunjuk arah ke Curug Lawe ini.

Curug Lawe

2.Dari Alon-alon Lama Ungaran menuju kearah Gunung Pati, setelah melewati kawasan Kecamatan Gunung Pati persis di sampingnya ada jalan kea rah kiri menuju ke desa Kalisidi. Kalau lewat ini dengan sepeda motor atau mobil akan lebih enak karena jalan yang akan di laluinya lebih bagus dan lebar. Kalau lewat jalan ini kita ambil lurus saja tanpa belok kanan kiri akan ketemu desa Kalisidi, petunjuk ke arah lokasi Curug lawe akan banyak kita temui hampir di tiap perempatan atau pertigaan jalan yang kita lalui.

3. Dari arah Gunung Pati, kita lewati pasar Gunungpati kurang lebih 75 M ada jalan kekiri menuju Desa kalisidi, kita bisa lewat sini juga, jalan sangat bagus untuk sepeda motor maupun mobil. Lurus saja sampai ketemu desa Kalisidi.

4.Dari arah Boja, kita lewat sini menuju desa Branjang Pasingitan, sepanjang jalan ini kita akan di sungguhi pemandang hamparan sawah dan kehidupan pedesaaan yang masih asli dan asri. Sangat menawan kalau lewat desa ini. Dari sini nanti mentok desa kita belok kekiri menuju desa Kalisidi.

Wana wisata Curug Lawe banyak di kunjungi wisatawan apalagi pada hari libur atau weekend. Dari tempat parkir kita dapat langsung menuju ke lokasi kurang lebih sekitar 20 menit sampai lokasi. Sepanjang perjalanan menuju lokasi kita akan di manja oleh pemandangan yang sangat eksotik sekali. Jalan yang di lalui juga tergolong unik. Kita akan melewati sepanjang jalan saluran irigasi di mana kiri kita jurang dan kanan kita adalah saluran irigasi. Jalannya pun hanya sekiatar 1 m.

Curug Lawe

Kadang-kadang di perjalanan ini kita akan menjumpai segerombolan kera jenis lutung yang masih banyak hidup dikawasan hutan Gunung Ungaran ini. Disamping itu kita akan juga menemui banyak curug-curug kecil dengan bebatuan yang besar-besar dimana di sekelilingnya masih banyak poho-pohon besar yang masih asli dan jauh dari jangkauan tangan-tangan jahil manusia. Kita juga akan menjumpai tanjakan-tanjakan kecil yang memakan energy kita. Walaupun dalam perjalanan ini sedikit menghabiskan energy kita tapi setelah sampai di lokasi Curug Lawe ini akan terbayar semua kelelahan yang kita alami selama perjalanan.

Air terjun yang unik dan eksotik sekali dengan alam yang sangat indah dan asri. Sebuah lereng berbentuk cekungan yang melingkar kurang lebih 270 derajat dengan air terjun yang tinggi kurang lebih 50 M berada tepat ditengah-tengah cekungan, ditambahi banyaknya air terjun kecil-kecil yang ada disekitar air terjun utama yang menambah suasana indah. Siapapun yang memandang Curug Lawe ini pasti kagum akan keindahan alam yang di ciptakan disini.

Walaupun kita agak jauh dari lokasi air terjun ini, tapi efek yang ditimbulkan oleh air dari lereng gunung ini beimbas dengan terbentuknya embun atau uap air di sekitar kawasan ini. Sensasi alam yang sangat susah di katakan dengan kata-kata. Intinya Curug Lawe adalah air terjun yang unik dan eksotik. (Soebijanto/reog biyan)