myimage.id | .Curug Semirang atau yang lebih akrab dengan istilah air terjun Semirang merupakan wana wisata air terjun yang ada di kawasan perhutani, dilereng Gunung Ungaran. Tepatnya di dusun Gitungan, desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat.

Curug Semirang

Kawasan wana wisata curug Semirang ini merupakan wana wisata yang pengelolaannya di kelola oleh perhutani bekerja sama dengan desa Gogik. Mulai dari perbaikan sarana dan prasarananya serta hasil yang didapat di bagi antara pihak perhutani dan desa.

Lokasi curug Semirang sangat bisa diakses dengan moda angkutan apa saja, mulai dari sepeda motor sampai mobil bisa mencapai kawasan ini. Tempat parkir yang nyaman dan luas serta aman menjadi modal utama untuk mendapatkan pengunjung, serta jalan yang bagus untuk mencapai kawasan ini.

Curug Semirang

 

Lokasi dulunya bisa di akses dari dua tempat. Dari mulai lewat kawasan Babadan kemudian lewat Seleses dapat langsung menuju ke kawasan Curug Semirang ini. Jalan ini dulu sempat menjadi jalan akses yang favorit karena dulu angkutan Bus Kota dari Semarang menuju ke Ungaran pasti sampai kawasan Babadan, sehingga dulu tempat ini merupakan salah satu akses menuju kawasan Curug Semirang.

Curug Semirang

Setelah Bus Kota dari Semarang menuju ke Ungaran sudah tidak beroperasi lagi maka sekarang paling enak akses menuju ke kawasan Curug Semirang ini adalah jalan Gedong Songo atau lebih terkenal dengan jalan akper Ngudi Waluyo. Dari jalan ini kurang lebih 4 km menuju ke kawasan Curug Semirang ini dapat kita lakukan dengan enak karena selain aksesnya mudah juga jalannya sangat bagus. Mulai dari sepeda sampai mobil bisa mengakses kesini. Selama perjalanan ke kawasan parkir kita akan disuguhi pemandang sawah dengan latar belakang gunung Ungaran serta suasana kehidupan kampung atau pedesaan.

Curug Semirang

 

Tempat pakir ini juga merupakan tanah warga yang memang di perbolehkan untuk tempat parkir. Dari tempat parkir kita menuju ke gerbang kawasan Curug Semirang dengan berjalan kaki, dari sini kita sudah disuguhi air yang mengalir dengan derasnya sepanjang jalan.

Tiket masuk kawasan Curug Semirang sangat murah sekali yaitu Rp. 5.000,- perorang. Dari sini menuju ke tempat Curug Semirang kita berjalan kaki kurang lebih ! km yang dapat kita tempuh sekitar 25 menit dengan kondisi jalan kaki santai. Sepanjang jalan setapak ini kita akan banyak disuguhi pemandangan pohon-pohon peneduh yang masihbelum terjamah oleh tangan-tangan manusia jahil. Suasana asri dan sejuk menyelimuti kita sepanjang jalan ini.

Curug Semirang

Disamping jalan setapak ini kita akan menemukan sungai-sungai kecil sepanjang perjalanan ini. Walaupun kadang ada medan yang terjal dengan sedikit hambatan karena jalan ini hanya pas untuk seorang berjalan, kita juga dituntut berhati-hati juga. Tapi jalan yang terjal tidak ada ruginya bilamana kita sudah sampai pada tempat Curug Semirang ini. Kita akan disuguhi air terjun dengan air yang sangat jernih dan lokasinya juga sangat menarik mulai dari tatanan batu yang sangat eksotik sekali dan masih asli, tidak ada coretan-coretan cat yang biasanya ada di setiap tempat wisata seperti ini. Air terjun Curug Semirang mempunyai ketinggian air terjun kurang lebih sekitar 45 M.

Curug Semirang

Air Terjun yang sangat menawan dapat kita saksikan disini. Bilamana kita datang pada minggu pertama bulan apa saja, biasanya tempat ini ada beberapa pedagang minuman dan makanan yang berjualan disini dengan harga yang masih di katakan wajar untuk sebuah obyek wisata. Tempat dan kondisi yang terjaga bersih sangat menunjang wana wisata Curug Semirang ini.

Bilamana kita ingin ada di atas tempat air terjun Semirang ini juga bisa, tapi jalan menuju ke tempat ini sedikit menanjak tapi intinya bisa di akses dengan jalan kaki. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here