myimage.id | Expression Sentiment Dance adalah sebuah tari klasik dari negara Kamboja yang menceritakan tentang keindahan, kecantikan dan keanggunan wanita Kamboja yang mandiri dalam mencari cintanya.

Expression of  Sentiment  Dance

Tarian ini sudah ditata ulang kembali oleh Robam Monosanhchatana pada tahun 1980 yang digunakan sebagai bahan pelajaran tarian bagi mahasiswa Royal University of fine Arts yang berkedudukan di Phon Penh.

Expression of  Sentiment  DanceTarian ini lebih menunjukan ekspresi wajah sebagai bagian dari penunjukan kharakter apa yang dibawakan oleh para penarinya diatas panggung, selain  sebagai bagian dari sebuah pertunjukan tari dari lebih ke drama tari dengan sebuah cerita yang utuh tentang keindahan, kecantikan dan keanggunan wanita Kamboja.

Expression of  Sentiment  Dance

Pertunjukan Expression Sentiment Dance kali ini bukan di bawakan oleh mahasiswa Royal University of fine Arts, tetapi oleh dua penari besar Kamboja (Master) yaitu Mrs. Meng Kossama dan Mrs. Ron Sovan Bojhg.

Expression of  Sentiment  Dance

Tarian ini ditarikan oleh Cambodia Delegation dalam Festival Panji International 2018 di Pagelaran Kraton Yogyakarta yang merupakan festival yang pertama kali di gelar di Indonesia melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang diikuti oleh 3 negara Asean yaitu Indonesia, Kamboja dan Thailand.

Expression of  Sentiment  Dance

Rangkaian festival ini di gelar di Yogyakarta pada tanggal 6, 7 dan 8 Juli 2018 melalui pagelaran kesenian dari negara-negara Asean melalui lokakarya, seminar, lomba-lomba, kunjungan budaya dan pameran.

Expression of  Sentiment  Dance

Gerak Expression Sentiment Dance selain mengambil dari ragam gerak klasik Kamboja, tarian ini lebih menonjolkan para gerak ekspresi muka para penarinya, juga gerak tangan dan kaki yang menjadi ciri khas tari klasik Kamboja. Pakem tari klasik Kamboja terus di bawa sampai dimana pun, dimana semua penarinya adalah wanita walaupun perannya sebagai laki-laki.

Expression of  Sentiment  Dance

Busana yang dikenakan lebih dominan warna-warna kamboja yang didominasi oleh warna kuning dan emas, yang menunjukan keagungan seorang pria dan keanggunan serta kecantikan seorang wanita. Hiasan-hiasan pada busananya pun sangat khas berupa mahkota seperti seorang raja dan ratu. Asesoris tambahan berupa gelang, kalung, cincin dan bunga yang diselipkan di telinga penarinya.

Expression of  Sentiment  Dance

Iringan menggunakan alat musik klasik Kamboja dengan lagu-lagu yang menceritakan tentang keanggunan dan kecantikan perempuan Kamboja. Antara iringan lagu dan isi dari tarian biasanya sama pada tari klasik Kamboja ini.

Expression of  Sentiment  Dance

Expression Sentiment Dance

1Persembahan:Cambodia Delegation
2Penari:1. Mrs. Meng Kossama

2. Mrs. Ron Sovan Bojhg

Expression of  Sentiment  Dance

Penyebaran cerita Panji  di berbagai negara Asean yang menimbulkan berbagai versi serta diadaptasi ke dalam seni budaya lokal masing-masing negara. Yang diambil dari cerita ini adalah spiritnya yang dapat mengispirasi suatu kalimat “Bhineka Tunggal Ika” oleh para negara Asean ini khususnya Indonesia. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here