myimage.id | Festival Lereng Telomoyo #1 merupakan sebuah rangkaian pesta seni dan budaya yang menampilkan berbagai macam tarian dari grup tari yang ada di Kecamatan Getasan, diadakan di Dusun Tanon Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Tujuan dari Festival Lereng Telomoyo #1 ini adalah untuk membuat wisata budaya dimana di harapkan pamor dari Dusun Tanon Desa Ngrawan menjadi lebih terkenal oleh masyarakat  terutama para wisatawan asing maupun lokal.

Festival Lereng Telomoyo #1

Dusun Tanon Desa Ngrawan terletak di lereng Gunung Telomoyo yang di gadang-gadang sebagai desa wisata dengan sebutan desa menari sejak tahun 2012. Dalam perkembangannya Dusun Tanon Desa Ngrawan merancang Festival Lereng Telomoyo #1 ini menjadi salah satu wisata andalan untuk menaikan citranya. Selain itu juga Dusun Tanon Desa Ngrawan merancang untuk menarik wisatawan local dan asing lewat paketan seperti out bound, homestay dan paketan yang lainnya.

Festival Lereng Telomoyo #1

Festival Lereng Telomoyo #1

Festival Lereng Telomoyo #1 inimenampilkan sebanyak 17 grup penari yang ada di Kecamatan Getasan walaupun sebenarnya grup tari yang ada di Kecamatan Getasan berjumlah lebih dari 100. Tapi karena festival kali ini di batasi oleh waktu maka grup tari yang tampil disini juga di batasi. Persiapan yang di lakukan oleh karang taruna Dusun Tanon Desa Ngrawan untuk membuat festival ini lebih dari satu bulan.

Festival Lereng Telomoyo #1

Festival Lereng Telomoyo #1 ini diadakan selama dua hari, dari tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2017, dimana hari pertama acara di mulai dari jam 14.00 wib dan selesai 23.00 wib, sedangkan hari kedua di mulai dari jam 11.30 wib selesai 22.40 wib.

Festival Lereng Telomoyo #1

Pada dasarnya Festival Lereng Telomoyo #1 kali ini mempunyai empat komponen penting yang dalam pelaksanaannya, yaitu sarasehan, sendra tari, dolanan anak dan teather. Khusus dolanan anak disini menampilkan dolanan yang di variasi dengan lomba. Dolanan anak ini antara lain permainan egrang, sunda manda, gobrak sodor dan masih banyak lagi, yang mana disini ingin mengenalkan lebih dekat kepada anak-anak tentang dolanan anak-anak tradisonal. Karena pada jaman sekarang ini dolanan anak-anak tradisonal terjajah oleh dolanan modern/digital, dimana anak-anak sekarang hampir tidak mengenalnya.

Festival Lereng Telomoyo #1

Festival Lereng Telomoyo #1 pada hari pertama menampilkan grup-grup tari thekelan, sranti, manggihan, salaran, pongangan, geculan bocah tanon, saren, padan, unnes dan teather sirat IAIN Surakarta.

Festival Lereng Telomoyo #1

Dari grup-grup tari ini kadang inti cerita yang ditarikan sama tapi variasi dalam menarikannya serta kastum berbeda-beda, ceritanya seputar tari soreng yang menceritakan perjuangan Ario Penangsang beserta prajuritnya, Tarian Jaran Kepang, Geculan Bocah Tanon yang menceritakan tentang keceriaan anak –anak dalam bermain sampai tari Gambyong.

Festival Lereng Telomoyo #1

Antusias penonton sangat tinggi, dari pagi sampai malam mereka memadati arena festival ini. Semakin malam penonton semakin ramai, baik yang tua sampai yang muda bahkan anak-anak kecil jadi satu menyaksikan acara ini. Semoga dengan adanya Festival Lereng Telomoyo #1 ini Dusun Tanon Desa Ngrawan semakin terkenal sebagai desa menari dan kedepannya festival ini dapat diagendakan setiap tahunnya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here