[metaslider id=423]

myimage.id | Festival Lima Gunung (FLG) XV/2016 yang mengambil tema “PALA KEPENDHEM” di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten,  Magelang

Festival Lima Gunung (FLG) XV melakukan rangkaian seni budaya yang berurutan yang semuanya bertajuk seni dan budaya ini banyak di minati oeh para kalangan seni di magelang tapi juga oleh para pekerja seni dari luar magelang. Festival Lima Gunung ini sangat din anti nanti, selain acara yang bagus disini juga menampilkan bebrbagai atraksi seni tari maupun seni yang lain yang dalam pelaksanaannya terstruktur atau di kelola dengan baik. Bahkan para pekerja seni atau grup seni dari luar kota magelang rela untuk tampil disini tanpa ada imbalan apapun. Mereka dengan suka cita menyuguhkan atraksi yang sangat baik sekali.

Yang sangat perlu di apresiasikan adalah mereka para penduduk sawangan ini sangat antusias sekali terhadap penyelenggaraan Festival Lima Gunung (FLG) ini. Mereka dengan dana mereka sendiri dan tanpa sponsor mampu menyelanggarakan Festival Lima Gunung (FLG). Dan ini sangat jarang sekali di lakukan oleh desa manapun di Indonesia. Suatu desa yang mandiri untuk berkesenian dan berbudaya.

Maksud dari pala kependhem adalah kita sangat bersyukur bahwa kita hidup di tanah air Indonesia sangan beruntung karena semua apa yang ada di Indonesia tanamannya semua bisa mengasilkan yang sangat bermanfaat bagi kita seperti umbi-umbian yang sangat mudah hidup di tanah air kita.

Adapun lokasi yang menjadi tempat pentas dari sekitar 50 grup kesenian, baik dari sekitar Magelang, maupun sejumlah kota seperti Yogyakarta, Salatiga, Bandung, maupun kota lainnya, berada di lapangan dusun setempat serta lokasi persawahan yang di sulap sedemikian bagusnya untuk menampilkan para peserta, selain itu juga masyakat Sawangan ini sangat mendukung pelaksanaan Festival Lima Gunung, dengan menyediakan home stay bagi yang mau menyaksikan festival ini bberapa hari bisa menginap tanpa bayar.

Pentas kesenian dalam FLG XV/2016 berlangsung sejak Kamis 21 Juni 2016 hingga Minggu 24 Juli 2016 (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here