myimage.id | Fragmen Ande-Ande Lumut adalah sebuah fragmen tari yang menceritakan tentang seorang Pangeran dari Kerajaan Jenggala bernama Panji Asmarabangun putra Raja Jayengnegara yang melakukan penyamaran dengan nama Ande-Ande Lumut, mencari calon istri tercintanya Dewi Sekartaji, yang merupakan Putri Raja Jayengrana dari Kerajaan Kediri yang meninggalkan kerajaannya.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Tarian ini ditarikan pada pagelaran seni tari di Dalem Prangwedan Pura Mangkunegaran dalam acara Setu Ponan ke 46, tepatnya pada tepat tanggal 17 Pebruari 2018, acara ini sebagai peringatan lahirnya KGPAA Mangkunegaran IX yang lahir pada hari Sabtu Pon yang selalu digelar setiap 35 hari sekali, dimana penyelengaranya adalah Akademi Seni Mangkunegaran (ASGA) Surakarta.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Latar belakang cerita Fragmen Ande-Ande Lumut ini mengambil cerita dari sebuah kerajaan Kahuripan yang dipimpin oleh Raja Erlangga. Karena tidak ingin pecah perang saudara, beliau memecah kerajaan ini menjadi dua yaitu kerajaan Jenggala dan Kediri. Tapi sebelum beliau mangkat, Raja Erlangga ingin kedua kerajaan  ini menjadi satu lagi. Untuk menyatukan kedua kerajaan ini maka dilakukan pernikahan antara Pangeran Kerajaan Jenggala dengan Putri Kerajaan Kediri.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Tapi tiba-tiba ada bencana, dimana kerajaan Jenggala diserang oleh musuhnya. Disaat itulah Dewi Sekartaji melarikan diri dan bersembunyi disebuah desa yang sangat jauh dari tempat tinggalnya. Dia menyamar menjadi gadis desa dan mengabdi dengan seorang Janda bernama Nyai Intan yang memiliki 3 putri yang sangat cantik tapi kelakuannya sangat genit. Ketiga putri ini bernama Klenting Abang, Klenteng biru dan Klenting hijau, sedangkan Dewi Sekartaji diberi nama Klenting Kuning.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Alkisah, setelah perang selesai di Kerajaan Jenggala, Pangeran Panji Asmarabangun kembali mencari calon istrinya dengan menyamar disebuah desa, dimana dia tinggal dengan seorang janda yang bernama Mbhok Rondo Dadapan. Sedangkan Pangeran Panji Asmarabangun menyamar dengan nama Ande-Ande Lumut. Dalam penyamaran ini, ketampanannya menyebar di seputar desa dimana dia tinggal. Suatu ketika dia mengadakan sayembara ingin mencari istri. Berita ini cepat menyebar kemana-mana.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

 

Bahkan berita sayembara ini sampai ditelinga ketiga putri Janda Nyai Intan dan Klenting Kuning. Tanpa pikir berpikir panjang ketiga putri ini mengikuti sayembara ini. Dalam perjalanannya menuju tempat sayembara ketiga putri ini dihadang sebuah sungai yang sangat besar dan deras arusnya yang dikuasai oleh sekor kepiting raksasa dengan nama Yuyu Kangkang.Ketiga putri ini dihampiri oleh Yuyu Kangkang dipinggir sungai, dia mau memberi bantuan dengan menyeberangkan ketiga gadis cantik ini dengan syarat ada imbalannya. Imbalan itu adalah setelah diseberangkan ketiganya mau diciumnya. Tanpa berpikir panjang ketiganya menyetujui syarat tersebut.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Klenting Kuning pun ternyata mendengar kabar sayembara ini juga, dia pun tertarik untuk mengikutinya. Maka ketika ketiga saudaranya berangkat, dia sebenarnya mengikuti dari belakang. Dalam perjalannya dia didatangi oleh Dewa yang memberikan pusaka bernama Sodo Lanang. Ketika mendekati sungai, ia pun didekati oleh Yuyu Kangkang agar mau diseberangkan dengan syarat sama seperti ketiga saudaranya, tapi dia menolaknya. Yuyu Kangkang marah dan menyerang Klenting Kuning, tapi dengan senjata pusaka Sodo Lanang, dia bisa mengusir dan membelah sungai untuk dia lewati.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Sesampai ditempat tujuan, ketiga saudaranya merayu dengan segala cara agar Ande-Ande Lumut menerima cintanya. Tapi ternyata Ande-Ande Lumut mengetahui bahwa ketiga putri ini sudah dicium oleh Yuyu Kangkang sehingga dia tidak mau menerima ketiga putri ini. Tapi pada urutan Klenting Kuning, Ande-Ande Lumut tanpa basi-basi mau menerimanya, yang ternyata dia adalah Dewi Sekartaji calon istrinya dulu yang hampir menikah dengannya.

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Fragmen Ande-Ande Lumut

1Persembahan:English Massive (Emas) Dinas Pendidikan Kota Kediri
2Penari:
  1. R Brian Respati S.ST (Ande-ande Lumut)

2. Lita Deviana Sari (Klenting Kuning)

3. Erva Rosyida P (Klenting Abang)

4. Mike Kripcillia M (Klenting Biru)

5. Mayrino Candra BA (Klenting Ijo)

6. Siti Nurhadiyati (Mbhok Rondo Dadapan)

7. Taufik Febrian (Yuyu Kangkang)

8. Zaki Alami (Dewa/Gunungan 1)

9. Bima Priyo (Gunungan 2)

Fragmen Ande-Ande Lumut, culture, classic dance

Sebuah fragmen yang unik dimana semua dialognya menggunakan bahasa Inggris dan ini merupakan suatu kebebasan ekspresi yang dimiliki oleh seniman-seniman Indonesia yang mempunyai khasanah budaya yang luas. Fragmen ini memberikan cita rasa yang beda dan merupakan sajian yang special karena disini diharapkan menjadi sajian yang lebih menarik untuk menarik wisatawan asing untuk datang ke Indonesia khususnya kota Surakarta dan Kediri. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here