myimage.id | Gelar Budaya adalah sebuah acara seni dan budaya yang dikemas oleh Sanggar Ngesti Langen Budaya di Kampung Nitiprayan yang merupakan salah satu kampung seni di DIY yang menampilkan segala potensi-potensi seni dan budaya yang hidup di kampung ini.

Gelar Budaya

Acara ini diselenggarakan tiap tahun, dimana pada tahun ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 28 Juni 2018, mulai pukul 18.00 wib, tepatnya di Pendopo Ciptanan, Jalan Nitiprayan RT 04 Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gelar BudayaSanggar Ngesti Langen Budaya adalah salah satu sanggar seni dan budaya yang berhome base di Pendopo Ciptanan, Jalan Nitiprayan RT 04 Kasihan Bantul DIY, membawahi beberapa kegiatan seni yang hidup di Kampung Nitiprayan seperti Paguyuban Seni Niti Budaya.Gelar Budaya

Gelar Budaya

Sanggar Ngesti Langen Budaya memiliki orientasi khusus dalam hal pelestarian dan pengembangan seni dan budaya yang hidup dan berkembang di Kampung Nitiprayan.

Gelar Budaya

Gelar Budaya dulunya diselenggarakan dengan pendanaan murni dari masyarakat, tapi dalam perjalanannya mereka di bantu oleh Kabupaten Bantul dan pada tahun ini acara ini dibantu dan bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gelar Budaya

Gelar Budaya tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana yang tampil kali ini lebih banyak serta lebih beragam yang melibatkan anak-anak, remaja sampai orang tua semua guyub rukun dalam pagelaran ini.

Gelar Budaya

Gelar Budaya

Mereka yang tampil antara lain, tari midhat-midhut, tari nawung sekar, gedruk tolak balak, tari kreasi baru, gejlog lesung dan terbangkung, tari klasik golek lambangsari, tari burung, tari klono alus, tari thowong, beksan alus permadi suryamaja, tari mangastuti, tari caping, tari minakjinggo dayu, dan diakhiri dengan pagelaran ketoprak dengan lakon Bantheng Mataram.

Gelar Budaya

Gelar Budaya

Ada yang spesial dalam Pagelaran Budaya ini, dimana para pelaku baik itu penonton dan yang tampil di pagelaran, banyak melibatkan anak-anak. Hal ini sangat positip sekali karena merekalah sebagai generasi penerus dalam  pengembangan dan pelestarian seni budaya kedepannya.

Gelar Budaya

Dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya Indonesia harus dilakukan secara nyata dan berkelanjutan, yang mana antara para pelaku seni dan pemerintah harus bekerja sama, karena budaya adalah identitas sebuah negara, yang di Indonesia keragaman seni dan budaya jumlahnya tak terhingga yang harus selalu dijaga dan dilestarikan sampai akhir hayat, ujar Sutini, Ketua Paguyuban Seni Niti Budaya.

Gelar Budaya

Selain itu Pagelaran Budaya ini juga merupakan bagian dari promosi tentang kerukunan masyarakat, yang mana mereka terlibat secara langsung tanpa melihat strata dan bekerja tanpa paksaan, ujar Bambang sebagai Pendamping Budaya di Ngesti Langen Budaya. (Soebijanto/reog biyan)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here