myimage.id | Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017 merupakan hari terakhir penyelengaraan acara ini di Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, dimana selama penyelenggarannya semua sangat menikmati baik pengunjung yang berasal dari sekitar desa maupun dari luar kota, bahkan banyak juga dari manca negara menyaksikan acara ini. Meskipun masih di selimuti oleh kabut pagi ini, tapi semuanya di sambut dengan semangat yang tinggi. Pagi yang dingin bukan merupakan halangan yang berarti bagi semua yang ada di festival ini.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Acara di awali dengan penampilan drum blek, suatu kesenian musik yang memanfaatkan barang-barang yang tidak lagi digunakan seperti drum plastik, parutan, kendil, panci bahkan nampan mereka manfaatkan untuk menghasilkan bunyi yang selaras.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Kemudian di lanjutkan dengan tarian soreng putri yang menggambarkan prajuritnya Hariyo Penangsang yang di bawakan oleh Sanggar Seni Bhatara dengan eloknya. Walaupun prajuritnya semua perempuan, tapi dalam membawakan tarian ini sangat energik sekali.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Banyak penampil di Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017 sangat atraktif sekali, mereka menampilkan performnya sebaik mungkin, satu sama lain tidak ingin saling mengecewakan dalam acara ini. Bagi mereka acara ini sangat special sekali untuk mereka lewatkan.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017 ini juga ada kirab seni budayanya yang di mulai di depan pendopo Dusun Gejayan ini. Semua perform yang mau tampil ikut dalam kirab ini yang di pimpin oleh Ketua Lima Gunung dengan membawa bunga yang diiring oleh ibu-ibu dari Solo “Pawestri” yang diikuti oleh peserta lain mengelilingi Dusun Gejayan. Pawai ini tambah ramai ketika dalam arak-arakan ini diiringi oleh Drum Blek dari Kaliwungu.Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Setelah arak-arakan semua berkumpul di panggung festival. Dipanggung inilah semua ekspresi tercurahkan. Spirit atau semangat Festival 5 Gunung ini sangat besar dan bisa dirasakan oleh siapa saja yang hadir pada acara ini. Acara puncak Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017 mulai dari pagi sampai malam, para penonton sangat antusias untuk mengikuti acara ini dari awal sampai akhir.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Walaupun ada acara yang bersamaan dengan FLG ke 16 ini dan bertarap Internasional di Borobudur, tapi acara ini tetap meriah. Entah kenapa acara ini sangat meriah seperti ini semua juga kalau di tanya juga tidak tahu. Padahal dari yang tampil sampai pengunjung terlihat juga dari jauh-jauh, bahkan dari luar negeripun banyak terlihat disini.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Tidak ada undangan bahkan poster-poster juga tidak ada, tapi setiap kali mengadakan acara Festival 5 gunung setiap tahunnya pasti di banjiri oleh perform seni dan budaya serta pengunjung tanpa di undang. Padahal mereka datang juga tidak di bayar. Selain itu yang lebih istimewa pada acara ini adalah bahwa Fetival 5 Gunung ini di selenggarakan oleh masyarakat dusun yang keseluruhannya di tanggung warga dusun.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Bahkan yang datang semua di acara ini di tanggung mereka secara keseluruhan. Mulai dari makan sampai ke penginapan dengan versi wong ndheso Gejayan pada tahun ini. Tidak terbayangkan orang sebanyak itu semua dapat fasilitas gratis dari orang dusun.

Hari ke tiga, Festival 5 Gunung ke 16 | 2017

Sebenarnya inilah culture budaya Indonesia yang masih melekat pada warga desa di Indonesia yang yang sekarang sudah di lupakan oleh orang kota dan para penguasa pemerintahan yang haus akan kekuasaan dan selalu ingin menang sendiri. Makanya dengan tema “MARI GOBLOK BARENG” kita lebih bisa intropeksi diri kita lebih dalam apa yang sudah kita berikan kepada masyarakat terutama bagi bangsa dan negara. (Soebijanto/reog biyan)

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here