myimage.id | Hari Tari Dunia 2018 adalah hari dimana seluruh dunia memperingati dan melakukan keindahan gerakan berupa tari-tarian, yang diiringi musik secara bersama-sama di dunia ini. Peringatan Hari Tari Dunia pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 29 April 2018.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

ISI Surakarta seperti tahun tahun yang lalu juga ikut meramaikan kegiatan ini, pada tahun ini sudah yang ke 12 dengan menari 24 jam tanpa berhenti. Tema yang diangkat adalah “Menguak Peradaban”. Peradaban adalah sebuah era awal kehidupan, dengan melihat kembali peradaban kita bisa menggali lagi perabadan ini untuk dikembangkan dan dilestarikan yang di padu dengan perabadan sekarang ini.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Hari Tari Dunia di canangkan pertama kali pada tanggal 29 april 1982 oleh lembaga Internasional CID (Conseil Internastional de la Dense) . Lembaga ini mempunyai tujuan untuk mengajak semua elemen di dunia untuk menampilkan tari-tarian yang ada, dengan segala keragaman budaya masing-masing.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Hal ini disebabkan karena keprihatinan dunia terhadap pelestarian budaya dunia sangat minim. Maka bersama dengan UNESCO membentuk sebuah wadah sebagai sarana untuk menampilkan tari-tarian dengan keragaman budaya masing-masing yang ada di dunia. Tahun 2007 di Indonesia mulai gencar gerakan hari tari dunia ini dengan focus mengajak anak-anak sekolah untuk menampilkan tari-tarian sampai sekarang.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Lewat kegiatan ini kita bisa ikut serta dalam melestarikan, mengembangkan tradisi-tradisi seni dan budaya yang sudah ada. Sesuatu yang kuno dan kadang kita abaikan selama ini, diangkat kembali dan ditampilkan disini yang menggabungkan spirit lama dengan spirit kekinian.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Peserta pada Hari Tari Dunia 2018 di ISI Surakarta ini dapat dikatakan mewakili keragaman seni dan budaya yang ada di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke di tampilkan di sini sebagai bentuk apreasiasi yang dalam dalam menyambut Hari Tari Dunia. Dengan jumlah peserta 3.600 penari dengan 1.086 kelompok tari, mereka menampilkan kegiatan menari selama 24 jam dari tanggal 29 sampai 30 April 2018.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Ada beberapa tempat di ISI Surakarta ini yang digunakan untuk menampilkan tari-tarian ini, diantaranya di Pendopo Besar, Teater Besar, Teater Kecil, Stage 24 jam di depan Pendopo Besar serta Teater Kapal yang digunakan sebagai closing seremonial pada pukul 06.00 Wib.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Ada yang spesial dalam penyelenggaraan Hari Tari Dunia 2018 di ISI Surakarta, yaitu tampilnya 3 penari wanita yang menari 24 jam nonstop / tanpa berhenti. Mereka adalah Wirastuti Sulistyaningtyas S.Sn.M.Sn (Solo), Agatha (Yogyakarta) dan Anjani (Bandung). Selain itu juga mereka menampilkan kreasi tari mereka juga disini.

Hari Tari Dunia 2018, berita budaya, Culture

Sebuah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman-seniman lepas dan akademika yang layak sekali mendapat apresiasi oleh siapa saja di Indonesia. Selain melestarikan dan  mengembangkan     seni budaya Indonesia yang ragamnya tak terhingga ini, kegiatan ini dapat sebagai bagian dari Pariwisata Indonesia yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisatawan asing maupun lokal untuk datang ke Indonesia khususnya kota Surakarta sebagai kota budaya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here