myimage.id | Eksotika Tari Jawa Tengah adalah pentas ujian akhir mata kuliah Tari Jawa Tengah II pada Program Studi  Pendidikan Seni Tari Angkatan 2015 di gedung B 6 , Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Semarang. Acara ini di gelar selama dua hari dari tanggal 15 sampai 16 Desember 2017, dimana total pementasan ada 18 tarian. Sedangkan Dosen pengujinya adalah Drs. R. Indriyanto M.Hum, Drs. Bintang Hanggoro Putro, M. Hum, dan Restu Lanjari, S.Pd. M.Pd.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Sebelum mengelar pentas ini para mahasiswa ini dituntut untuk melakukan observasi kesenian-kesenian asli yang ada di daerah Jawa Tengah selama satu semester. Pada tahun ini bahasan atau tema  tugas yang diberikan oleh Universitas Negeri Semarang adalah Seni Tari Tradisional atau Seni Tari Unggulan daerah di Jawa Tengah.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Tugas ini merupakan tugas kelompok dimana nanti kelompok ini akan di arahkan di bimbing oleh dosen pembimbing di tiap kelompok ke daerah-daerah di Jawa Tengah yang ditunjuk untuk melakukan observasi ini, tapi satu daerah tidak boleh lebih dari satu kelompok. Bahkan disini ada beberapa kelompok yang salah satu mahasiswanya kebetulan bertempat tinggal didaerah yang sedang di observasi, sehingga dia dapat di jadikan guide untuk melakukan observasi ini.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Observasi ini dilakukan oleh para Mahasiswa ini selama satu semester dimana dalam satu semester ini ada 6 kali pertemuan, 6 minggu melakukan observasi di lapangan, serta 6 minggu berikutnya ada di kampus untuk mengkonsultasikan hasil observasinya kepada Dosen Pembimbing masing-masing kelompok.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Laporan yang disampaikan oleh tiap kelompok ini bukan hanya berupa tarian tapi juga ada diskripsinya mulai dari latar belakang, sejarah, makna, arti dari tiap gerak tarian tersebut selama masa observasi dan kemudian dibahas dengan Dosen Pembimbing secara tuntas. Tujuan dasar disini adalah mahasiswa di tuntut untuk tidak hanya bisa bermasyarakat saja tetapi harus bisa memahami inti dari tarian Tradisional Jawa Tengah ini.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Ada yang special pada pementasan Eksotika Tari Jawa Tengah ini dimana iringan yang mengiringi tari-tarian daerah ini langsung di datangkan dari daerah asli obeservasi mahasiwa. Mereka datang dengan team yang komplit plus dengan para pendukungnya (Suporter). Rata-rata daerah yang diobservasi para mahasiswa ini merupakan sanggar-sanggar tari bahkan bukan hanya tari tradisonal saja , bisa juga tari kontemporer yang diharuskan ada penciptanya yang jelas. Tujuannya dalah menggali potensi seni tari yang ada di Jawa Tengah yang ternyata banyak ragamnya serta eksotis untuk disaksikan.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Kegiatan ini disetiap semesternya selalu beda dalam menggambil temanya. Jenis-jenis tari yang ditampilkan pada Eksotika Tari Jawa Tengah adalah:

1PurwodadiTari Angguk
2SalatigaTari Jurit Ngampil Kridha Warastra
3BatangTari Tahu Rombyong
4WonosoboTari Sontoloyo
5JeparaTari Kridhajati
6BanjarnegaraTari Slendang Srayu

Eksotika Tari Jawa Tengah

7KendalTari Jaranan Turonggo Mudo
8PurworejoTari Dolalak
9TemanggungTari Wiromtamtomo Sindoro
10AmbarawaTari Prajuritan
11DemakTari Bregadha Adhilangu
12MagelangTari Soreng Pati

 

13SukorharjoTari Kebo Kinul
14KlatenTari Luyung
15KudusTari Kretek
16BloraBarongan Geger Alas Wengker
17BanyumasLengger Lobong Ilang
18BoyolaliTari Turonggo Seto Tunggul Wulung

Eksotika Tari Jawa Tengah

Universitas Negeri Semarang sangat konsisten dengan seni dan budaya yang ada di Jawa Tengah, dimana Universitas Negeri Semarang ingin adanya pelestarian dan pengembangan budaya serta mengenalkan pada generasi muda tentang potensi tari tradisonal atau tari unggulan di daerah Jateng khususnya. Selain itu tarian-tarian ini sebagai modal bagi Mahasiswa untuk mengimplementasikan di masyarakat, bahwa seni dan budaya banyak sekarang mengalami perubahan dan banyak variannya harus selalu dijaga dan dilestarikan serta agar masyarakat lebih mengenalnya.

Eksotika Tari Jawa Tengah

Harapan diadakan acara ini selain sebagai bagian pentas ujian akhir mata kuliah Tari Jawa Tengah II juga mengajak kepada masyarakat agar tidak hanya menikmati tapi lebih mengenal terhadap budaya-budaya yang ada di Jawa Tengah yang sangat banyak ragamnya, yang dapat dijadikan potensi untuk menarik wisatawan lokal maupun asing untuk datang di Indonesia, khususnya Jawa Tengah dalam sektor Pariwisata. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here