myimage.id | Kadeso Desa Wisata Lerep adalah sebuah acara pesta desa yang diadakan di Desa Wisata Lerep dengan melakukan arak-arakan atau kirab budaya yang maknanya merupakan wujud syukur masyarakatnya atas berkah dan rejeki yang melimpah dari Yang Maha Kuasa yang mereka terima selama ini.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Pada tahun ini, Kadeso Desa Wisata Lerep mengambil tema Kirab Budaya yang memberikan gambaran tentang keaneka ragaman seni dan budaya Indonesia yang ada di Desa Lerep, harus di kembangkan dan dilestarikan secara nyata, semuanya itu ditampilkan dalam arak-arakan ini yang dibawakan oleh segenap warga Desa Wisata Lerep mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua.

Kadeso Desa Wisata Lerep, cultureAcara ini juga sebagai bagian dari ajang silaturahmi yang dapat meningkatkan nilai kegotong royongan warga desa sebagai bagian dalam guyub rukun serta membantu bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan.Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Kadeso Desa Wisata Lerep dilakukan setiap tahun, dimana pada tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu Kliwon tanggal 8 Agustus 2108, dimana start nya di Rumah Kebun depan Kecamatan Ungaran Barat dan finishnya di depan rumah Kepala Dusun Lerep.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Lerep adalah suatu desa yang terletak di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Lerep mempunyai keistimewaan tersendiri selain sebagai kota Kecamatan Ungaran Barat, sekarang Lerep dikenal karena memiliki banyak tempat wisata.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Desa Lerep terdiri dari 8 dusun yaitu dusun Tegalrejo, dusun Karangbolo, dusun Kretek, Mapagan, dusun Lorog, dusun Soka, dusun Lerep dan dusun Indrokilo. Lerep terdiri dari 66 RTdan 10 RW.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Kirab Budaya  diikuti seluruh warga Dusun Lerep, yang mana setiap RT mengeluarkan atraksi seni dan budaya mulai dari tari-tarian, pakaian adat sampai makanan dalam bentuk tumpengan yang berisi sayuran dan buah-buahan serta lauk pauk yang nantinya akan dimakan secara bersama-sama di rumah Kadus Lerep.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Ada yang special pada Kirab Tahun ini dimana tidak hanya dari dusun Lerep saja yang meramaikan kirab budaya ini, bahkan dari dusun sekitar juga ikut meramaikan kirab ini, yang memberikan warna baru dalam kehidupan bermasyarakat.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Sebelum acara Kirab Budaya  ini, sudah ada beberapa rangkaian acara yang mendahuluinya, diantaranya pada tanggal 5-7 Agustus 2018 ada pertunjukan seni budaya seperti drumblek, rebana, sendra tari, geguritan bocah, calung aklung, seni karawitan dan kirab budaya, gepuk bumbung dan pada puncaknya ada pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Guyub rukun terlihat jelas pada masyarakat Desa Wisata Lerep ini, dimana sebelum acara makan bersama, diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa, setelah itu semua yang hadir disini makan bersama-sama makanan yang disajikan oleh warga dusun ini. Tidak ada perbedaan, semua makan makanan yang sama berupa nasi tumpeng dengan alas daun pisang.

Kadeso Desa Wisata Lerep, culture

Kadeso Desa Wisata Lerep selain sebagai bagian dari pelestarian dan pengembangan seni dan budaya Indonesia, juga dijadikan sebagai  bagian dari agenda wisata budaya yang dapat menarik wisatawan asing maupun lokal untuk datang, khususnya di Desa Wisata Lerep. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here