karakter cahaya

myimage.id | Karakter Cahaya adalah situasi pencahayaan yang ada saat pemotretan, apakah siang terik, dalam ruangan yang redup atau di dalam studio dengan menggunakan pencahayaan buatan. Pemahaman yang baik mengenai karakter cahaya, akan membuat hasil foto kita tetap terlihat baik. Fotografer yang baik mestinya bisa melakukan penyesuaian terhadap segala situasi pencahayaan. Meskipun foto yang bagus itu relatif, berbeda antar semua orang (Baca Foto Bagus itu, Yang Kamu Suka), tetapi ada elemen-elemen yang menjadi syarat sehingga sebuah foto bisa dibilang baik. Pertama yaitu Karakter Cahaya.

Tiga jenis Karakter Cahaya

1. Hard Light atau Cahaya Keras
Karakter yang muncul dari pencahayaan keras ini adalah saturasi, kontras dan detil yang baik. Matahari bersinar cerah adalah salah satu contoh hard light.

karakter cahaya
Hard Light, Kontras dan Detil. Ciri bayangannya Tegas

2. Soft Light atau Cahaya Lembut
Pada pencahayaan yang soft, foto yang didapat hasilnya lembut juga. Bayangan yang jatuh relatif lembut dan kontras dan detilnya pun ikut berkurang. Situasi ini biasanya saat mendung, di samping bangunan atau gedung, di bawah pohon, juga di dalam ruangan.

karakter cahaya
Soft Light atau Cahaya Lembut, kontras dan detil berkurang, sifat bayangan, menyebar.

 

3. Diffused Light atau Cahaya Disebarkan
Karakter ini menggabungkan hasil yang tetap terjaga detil dan kontrasnya, namun sifat cahayanya lembut. Sumber cahaya keras direduksi dengan menggunakan berbagai pilihan alat untuk mengurangi dan menyebarkan cahaya sehingga lembut namun tetap detil.

karakter cahaya
Diffuse Light, karakter cahaya keras, dilembutkan dengan softbox (diffuser), sehingga cahaya lembut dan menyebar, tapi tetap detil.

 

Pemahaman yang baik mengenai Karakter Cahaya ini sangat membantu untuk menentukan arah pemotretan. Begitu pula kebutuhan foto apakah komersil atau hanya dokumentasi semata. Pada foto produk, fashion, model, seringkali kebutuhan akan detil dan kontras yang baik, menjadi syarat utama bagi klien. Sementara untuk foto pemandangan, kadangkala situasi yang diambil malah situasi dengan karakter cahaya lembut seperti saat pagi atau sore hari, sunrise/sunset photo. (Rahman Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here