komposisi framing

myimage.id |  Komposisi framing atau bingkai adalah untuk memperindah penampilan sebuah foto. Bingkai menjadi bagian yang ‘memagari’ obyek agar lebih enak, apik, atau artistik dilihat. Komposisi bingkai akan menonjolkan obyek foto, dan harus mendukung obyek sehingga memberikan kesan tertentu.

Komposisi Framing

Bingkai bisa berasal dari latar belakang atau latar depan obyek. Asalkan obyeknya jelas, bingkai dalam pemotretan boleh fokus atau tidak fokus (kabur). Sifat bingkai boleh berwarna-warni, sederhana, ataupun kaku. Misalnya, ranting pohon, daun, bunga, atau jendela, pintu rumah atau bangunan.
Sebelum menekan tombol, pastikan fokus kamera pada obyek foto bukan pada bingkai, khususnya bila bingkai itu menjadi latar depan obyek.

komposisi framing
komposisi framing dengan ornamen sekitar obyek foto, yaitu kayu pintu.

Kedalaman

Selain framing, adapula komposisi kedalaman. Untuk menciptakan kedalaman ini kita memerlukan latar depan dan latarbelakang dan tentu saja obyek utama. Penempatan ketiga bidang ini bebas, namun upayakan agar obyek terlihat tajam sementara latar depan dan belakang relatif kabur.

komposisi framing
Ciptakan kedalaman dengan penempatan foreground serta background diantara obyek utama.

Untuk artikel tentang Komposisi sebelumnya, bisa klik Pola Komposisi, Garis dan Warna. Juga di bagian satu Komposisi Sudut Pengambilan dan Sepertiga Bidang

Untuk contoh-contoh foto framing bisa melihat link ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here