myimage.id | Komposisi adalah penempatan posisi obyek foto pada bidang pemotretan, sehingga menjadi pusat perhatian. Mata kita akan dituntun menuju titik perhatian yang menyatukan obyek foto secara keseluruhan. Oleh sebab itu, artistik tidaknya sebuah foto dipengaruhi oleh perpaduan beberapa elemen grafis yang menjadi unsur-unsur dalam foto. Hal ini adalah elemen foto yang baik ke 2, setelah Karakter Cahaya.

Untuk menentukannya, kita memang harus kreatif dan peka melihat dan menempatkan obyek foto dalam jendela bidik. Termasuk didalamnya adalah memperhitungkan latar depan maupun latar belakang sebagai kesatuan dari obyek foto.

Unsur Komposisi

Komposisi lebih banyak menyangkut pada rasa, bukan pikiran. Oleh karena itu, kita bebas berkreasi mengasah kepekaan dan tidak takut untuk mencoba hal baru. Tentunya dengan berpedoman pada aturan-aturan mengkomposisi yang baik. Disini peranan fotografer dalam mendapatkan komposisi yang menarik sangat besar.
Selain faktor pencahayaan, pemilihan penggunaan lensa dan pilihan ISO juga ikut berperan. Unsur-unsur komposisi terdiri atas warna, bentuk, tekstur, dan garis. Unsur ini bisa berdiri sendiri namun dapat pula saling melengkapi.

Sudut Pengambilan

Salah satu unsur komposisi dalam pemotretan adalah sudut pengambilan (angle of view) foto. Untuk menentukan sudut pengambilan foto tergantung pada tujuan pemotretan. Oleh sebab itu, jangan takut memotret dengan sudut pengambilan yang tidak lazim, terutama jika sudut pengambilan ini memberikan hasil foto yang lebih bagus, baik secara artistik maupun sebagai media informasi. Mulailah dengan sudut pengambilan foto yang standar atau baku. Selanjutnya, cobalah memotret dengan sudut pandang yang berbeda.

komposisi
Foto 1 Sudut Pandang mata sejajar fotografer/obyek.  Foto 2 Sudut pandang lebih rendah dari fotografer/obyek

Sepertiga Bagian

Pada umumnya, ketika memotret, kita menempatkan obyek di tengah (center) jendela bidik. Padahal, dalam komposisi sepertiga bagian/bidang, bidang dalam pandang kamera dibagi menjadi sembilan bagian yang sama. Lebih baik bila obyek ditempatkan pada persilangan sepertiga bagian bidang tersebut. Juga dikenal dengan nama Rule of Third, dan hampir selalu menjadi peraturan wajib saat foto pemandangan.

komposisi
Sepertiga Bidang (Rule of Third)

(Rahman Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here