myimage.id | Memotret di tempat umum adalah kegiatan yang seringkali dilakukan oleh orang karena melihat sesuatu hal yang menarik. Bisa memotret situasi, kondisi yang tidak biasa atau unik, reportase suatu tempat atau hanya selfie semata. Sebenarnya saat kita ada di tempat umum atau fasilitas publik boleh atau tidak kita memotret di situ?

memotret di tempat umum

Indonesia dikenal di dunia dengan penduduknya yang ramah. Sering saling sapa, bersalaman bila bertemu dan meski terlihat basa-basi, sebagian besar sering bertanya kabar masing-masing. Keramahan ini juga sering nampak bila difoto, rata-rata orang senang bila difoto. Saat memotret di tempat umum, usahakan berinteraksi dengan orang di sekitar atau obyek foto bila memungkinakan. Tanda paling minimal yang bisa kita berikan adalah senyuman. Jadi bila obyek tahu saat kita foto, coba berikan senyuman. Berikutnya bisa saja disapa.

Memotret di Tempat Umum, Jepret, Senyum, Sapa

Tipsnya ada 3 yang bisa dilakukan, foto dulu, bila obyek tahu sedang kita foto, berikan senyum dan atau sapaan atau tanda jempol, sebagai pujian. Kemudian bisa senyum, jepret sapa. Dan terakhir sapa, senyum dan jepret. Variasinya tiga hal ini dan mana dahulu, apakah jepret dulu, senyum atau sapa, bisa melihat kondisi di lapangan.

memotret di tempat umumMemang ada kalanya orang tidak berkenan saat difoto, untuk itu bisa saja langsung dilewati. Perhatikan raut muka atau tanda yang diberikan, misal menutup wajah atau melambaikan tangan tanda tidak mau difoto. Jangan memaksakan diri untuk memotret bila hal ini terjadi, meski obyek terlihat sangat menarik. Kalau tetap ingin memotret lakukan pendekatan personal terlebih dahulu.

Secara umum, apa saja yang ada di tempat umum boleh difoto, termasuk yang terlihat di dalamnya. Untuk kepentingan news atau berita, tidak perlu meminta ijin. Juga kepentingan non komersil lainnya. Lain soal bila pemotretan dilakukan untuk iklan, maka wajib meminta ijin dari obyek yang ada dalam foto, baik orang maupun lokasi. Sementara bila ada larangan memotret misal di bandara, pompa bensin, mall atau tempat khusus lainnya, patuhi saja. Kecuali memang kita memiliki ijin atau sudah meminta ijin untuk memotretnya. Memasuki lahan atau wilayah orang lain/instansi/lembaga juga wajib mengajukan ijin terlebih dahulu. Kalo memang tidak boleh jangan memaksa.

memotret di tempat umum

Citizen Jurnalism

Citizen Journalism (Jurnalisme Kemasyarakatan) artinya berita yang disebarkan oleh masyarakat sendiri, baik melalui media sosial maupun blog/web pribadi. Banyak orang kemana-mana membawa smartphone yang dilengkapi kamera dan internet aktif, sehingga bisa langsung seketika menyebarkan informasi yang kecepatannya melewati kemampuan media atau lembaga pers. Foto bencana, kecelakaan atau hal unik lainnya seringkali tersebar cepat tanpa filter dan apa adanya. Seringkali nampak vulgar seperti tidak ada kode etik.

Memang bisa jadi kita berada dalam situasi tempat dan waktu yang tepat, dimana menjadi satu-satunya orang yang bisa mendokumentasikan peristiwa besar yang terjadi di sekitar kita, tapi usahakan tetap memfilter informasi atau foto yang kita upload.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here