memotret makro
Jpeg
[metaslider id=4157]

myimage.id | Memotret Makro adalah memotret benda kecil sehingga nampak besar, kali ini dengan tips yang kedua yaitu menggunakan alat bernama Extension Tube

makro
extension tube terpasang

yaitu perpanjangan tabung atau pipa. Alatnya berupa pipa yang diletakkan antara body kamera dan lensa. Kalau dahulu sebelum ada pipa yang paten orang bisa juga membuat dengan karton hitam yang digulung pada badan lensa dan ditempelkan ke body kamera. Tentu saja Saat memotret makro dengan cara ini berresiko ada bias sinar yang masuk ke dalam mirror box yang mempengaruhi hasil foto.

Memotret Makro

Extension Tube berupa pipa yang terbagi dalam tiga bagian, dimana kita bisa mevariasi menggunakan keseluruhan 3 bagian (1,2,3) ataupun hanya satu atau dua bagian saja. Semakin panjang extension tube (digunakan semua) maka hasil fotonya makin sempit ruang tajamnya (sallow depth of field). Hati-hati bila

makro
ekstension tube

menggunakan lensa fix dengan bukaan besar, karena saking sempitnya bisa jadi kita tidak mendapatkan ruang tajam. Untuk itu kita bisa mengurangi perpanjangan extension tube ini.

Extension tube ini kelebihannya adalah bisa dipisah-pisah sehingga kita bisa mendapatkan ruang tajam yang kita inginkan.

Untuk memotret makro, ekstension tube ini sangat direkomendasi bagi pemula karena harganya cukup terjangkau. Perhatikan jangan salah beli, karena untuk tiap merk kamera ada extension tube khusus menyesuaikan bayonet atau mounting lensanya.

Manual dan Digital

Ada pilihan saat memotret makro dengan extension tube ini, yaitu extension tube manual, dimana fotografer harus menentukan sendiri fokus dan eksposurenya. Atau Extension tube digital, dimana selain bisa autofocus, juga bisa mengukur eksposure. Tapi kalau saya lebih suka extension tube yang manual, karena malah lebih cepat dalam mendapatkan focus.

Memotret makro memang mengasyikkan, tapi dibutuhkan kesabaran yang cukup tinggi. Tips memotret makro pertama bisa dibaca di artikel sebelumnya di blog ini. Memotret Benda Kecil.. #1 (Membalik Lensa). (Rahman Hakim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here