Memotret Wayang Orang, Dari Samping Panggung
Memotret Wayang Orang, Dari Samping Panggung

Pada bagian ketiga ini adalah memotret wayang orang dari samping panggung. Ini merupakan bagian ketiga dari tips fotografi memotret wayang orang. Komposisi yang diperoleh berbeda yang biasa kita lihat, karena latar belakangnya adalah pemain yang bersiap pada lakon berikutnya atau malah ikut nonton karena lakonnya sudah dimainkan. Untuk pencahayaan di area ini relative cukup terang karena lampu utama mengarah dari depan panggung ke arah pemain. Hanya saja mesti hati-hati kalau lensa kamera agak mengarah ke depan bisa muncul flare pada foto.

Memotret Wayang Orang, Dari Samping Panggung
Persiapan buka layar

Pada bagian samping dari panggung ini mesti memperhatikan pergerakan pemain, usahakan posisi fotografer tidak mengganggu saat pemain keluar maupun masuk panggung. Di samping panggung ini terdiri layer atau lapisan lapisan dimana bagian atas panggung ada kru yang menaik turunkan background atau gambar layar sesuai cerita yang dimainkan. Waspada jangan sampai kejatuhan atau tersenggol saat layar diturunkan.

Memotret Wayang Orang, Dari Samping Panggung
BIsa melihat kegiatan pemain saat bebas di samping panggung

Moment yang bisa difoto pada bagian ini cukup banyak, meski kadang sudut yang diperoleh kurang maksimal karena pemain lebih banyak menghadap ke arah penonton, sehingga fotografer harus jeli dan sigap saat memencet shutter saat pemain menghadap kamera. Memang tidak selalu harus menghadap lurus ke kamera, ambilah beberapa angle dan frame sebagai perbandingan.

Memotret Wayang Orang, Dari Samping Panggung
penonton cilik yang mengawasi dari samping panggung.

Keuntungan lain dari posisi samping panggung, fotografer bisa beralih juga ke belakang panggung, jadi ketika lakon stagnan berisi percakapan panjang, fotografer bisa beralih memotret situasi lain. Jangan lupa karena area panggung steril dari benda-benda tajam dan pemain tidak menggunakan alas kaki (tidak terlihat dari penonton), untuk ini area samping panggung juga ada batas penggunaan alas kaki, perhatikan batas-batasnya. Karena pemakaian alas kaki dikhawatirkan membawa benda asing yang bisa menggangggu penampilan di panggung.

Memotret Wayang Orang, Dari Samping Panggung
Persiapan sebelum ganti cerita di belakang layar terlihat di samping panggung

Perhatikan juga pada posisi ini jangan sampai badan kita keluar dari layer panggung sehingga terlihat dari penonton, tetaplah bersembunyi di balik perlatan panggung. Tips lainnya adalah usahakan tenang dan tidak gaduh saat berpindah posisi atau meninggalkan lokasi untuk memotret area lainnya. Semoga memotret wayang orang, dari samping panggung ini bisa menambah wawasan pemotretan para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here