myimage.id | Festival Kota Lama Semarang 2017 muncul dengan harapan dapat menjadi pemicu agar masyarakat mengenal, tertarik dan ikut serta bergerak bersama dalam menjalankan Kawasan Kota Lama. Acara ini berlangsung dari tanggal 23 sampai 24 September 2017. Banyak  kendala dalam pelaksanaan cagar budaya di Kawasan Kota Lama, seperti kepemilikan, perawatan bangunan yang berusia ratusan tahun di lingkungan sosial yang dari tahun ke tahun teracam oleh iklim atau alam sekitar (ROB). Kawasan Kota Lama menyimpan potensi besar termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk mempertahankan dan melestarikan kawasan ini. Kota Lama Semarang merupakan lokasi yang penting untuk pertumbuhan pembangunan kota Semarang di awal abad 20. Disini sebagai aktivitas perdagangan dan jalur pelayaran Internasional. Kawasan ini terbentuk secara keseluruhan bersamaan dengan pecinan dan kampung melayu. Kosmopolitan, perdagangan dan jasa merupakan kunci memahami Kawasan Kota Lama Semarang di mana ini terintegrasi dengan permukiman, industri dan sumber daya alam di Semarang yang berpengaruh terhadap semua kota di Jawa Tengah.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Dukungan dari Badan Pengelolaan Kawasan Kota Lama yang terbentuk pada tahun 2017 serta peran serta masyarakat luas menjadi pendorong untuk mengelar acara Festival Kota Lama Semarang 2017 secara rutin. Dalam perkembangannya pada tahun 2015 Kawasan Kota Lama masuk dalam daftar “tentative list” UNESCO yaitu daerah yang berpotensi menjadi warisan dunia (World Heritage). Dengan predikat ini, maka Kawasan Kota Lama menjadi daerah tujuan wisata dunia Internasional yang sangat potensial.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Maka di butuhkan penataan dan pengelolaan secara baik di mulai dari bangunan, lingkungan dan masyarakatnya sehingga layak menjadi destinasi wisata Internasional. Target dari Festival Kota Lama Semarang 2017 adalah menjadikan kegiatan ini berskala Internasional dengan kerjasama dengan semua pihak termasuk dengan negara-negara lain di dunia ini.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Pada tahun ini Festival Kota Lama Semarang 2017 mengusung tema “kuno, kini, nanti” di mana disini kita akan bernostalgia terhadap budaya dimasa lalu, kita dapat melihat dan menikmati Kawasan Kota Lama serta menjaga dan mengupayakan pelestarian Kawasan Kota Lama di tahun yang mendatang.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Berbagai kemasan acara pariwisata yang mengenalkan kota lama disajikan pada festival ini sehingga para wisatawan asing maupun lokal dapat merasakan keberadaan Festival Kota Lama Semarang 2017 mulai dari wisata kuliner yang menyajikan masakan khas kota Semarang yang dari jaman dulu sampai modern ada semua pada festival ini. Tidak hanya wisata makanan saja, pasar sentiling juga banyak memamerkan produk-produk jaman kuno yang jaman sekarang sudah susah kita temui, semua komplet ada disini yang letaknya sepanjang Taman Sri Gunting sebelah Timur Gereja Blenduk.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Festival Kota Lama Semarang 2017

Bahkan ada yang menarik disini dengan adanya stand wayang suket dimana disini banyak sekali wisatawan asing yang tertarik terhadap pembuatan wayang dari suket ini bahkan mereka minta di ajari cara membuatnya. Salah satu potensi besar sekali walaupun ini Festival Kota Lama yang notabene menampilkan sesuatu yang berbau budaya lama tapi kalau di variasi dengan budaya tradisional asli Indonesia akan semakin menarik wisatawan asing maupun local.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Sedangkan panggung utama letaknya di sebelah Utara Polder Tawang, dimana disini juga menyajikan acara yang special dan menarik seperti tari Gambyong, Tari Dingklik Sinden dari para Dosen ISI Yogyakarta, Peragaan Busana sampai pembagian hadiah dan sebagai acara puncaknya menampilkan artis ibu kota Heny Poewonegoro yang menyanyikan lagu-lagu kenangan tempo dulu, sehingga menambah suasana jadi semakin hangat dan menarik. Acara ini juga banyak di datangi oleh wisatawan-wisatawan asing yang turut berinteraksi terhadap Festival Kota Lama Semarang 2017.

Festival Kota Lama Semarang 2017

Bertambahnya jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, serta meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap Festival Kota Lama Semarang 2017 akan berdampak pada perluasan pariwisata. Dengan kerja sama dengan berbagai pihak, baik dari masyarakat, pemerintah, instansi terkait, komunitas hingga kerjasama dengan negara-negara lain maka diharapkan Kawasan Kota Lama dapat menjadi salah satu destinasi Pariwisata yang mengena di hati wisatawan asing maupun lokal sehingga dapat menjadi media untuk tumbuh bersama yang saling menguntungkan. (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here