SIPA 2017

myimage.id | Meriahnya penutupan SIPA 2017 sangat dirasakan setelah tiga hari berturut-turut acara ini di gelar dari tanggal 7 sampai 9 Sepetember 2017 yang merupakan rangkaian acara yang diadakan oleh Pemerintah Kota Solo yang didukung oleh Kementrian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif, Pesona Indonesia yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai tumpuannya dan diadakan di Benteng Vastenburg, Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo.

SIPA 2017

Solo International Performing Art (SIPA) 2017 ini merupakan pagelaran seni dan budaya yang ke IX dengan mengambil tema “Bahari Kencono Maestro Karya” yang artinya kita di ajak untuk selalu merawat dan menjaga keutuhan laut dari tangan-tangan jahil yang dapat merusaknya karena laut merupakan warisan bagi anak cucu kita, dimana sebagian besar tanah air kita merupakan lautan.

SIPA 2017

Dengan tema ini, panggung SIPA 2017 di bentuk berupa kapal Jaya KRI Dewa Ruci yang merupakan kapal layar terbesar yang mampu di buat di Indonesia yang dapat mengarungi lautan bahkan samudra. Selain itu maskot yang di pakai dalam SIPA 2017 adalah Eko Supriyanto dengan alasan karena dedikasinya terhadap dunia seni tari yang sangat aktif dan karya-karyanya banyak diakui oleh dunia luar seperti Amerika, Australia bahkan Negara-negara Eropa.

SIPA 2017

Pada malam penutupan SIPA 2017 kali ini performing yang tampil di bedakan ada dua yaitu satu dari delegasi luar negeri seperti Thailand, Philipina, Malaysia, Vietnam, Australia, Singapura dan dua dari delegasi dalam negeri seperti Aceh, Banyumas, Jakarta, Solo , Riau dan Banyuwangi.

SIPA 2017

Delegasi yang tampil pada malam hari ini adalah Sanggar Tiara Selatan (Bangka Selatan), Nor Slip : Art Sprouts (Thailand), Vivian Evelyn dan Revaldi Gustaf (NTT), Silhoutte Art Performance (Malaysia), La Salle Teatro Gundegan (Filipina), Hanio Solo Artist (Vietnam), dan ditutup oleh Jinggo Sobo Art Group (Banyuwangi).

SIPA 2017

Acara ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada semua peserta yang tampil pada malam ini berupa karangan bunga dengan di lanjutkan foto bersama-sama dan di akhiri dengan pesta kembang api yang menambah semaraknya acara ini. Semoga dengan SIPA 2017 ini dapat lebih memajukan sektor pariwisata melalui seni dan budaya yang kreatif dari anak bangsa. (Soebijanto/reog biyan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here