myimage.id | Bodjong Weg adalah nama jalan Pemuda saat penjajahan Belanda. Kawasan ini adalah pusat perdagangan dan tempat tinggal para petinggi Pemerintahan Belanda dan pengusaha ternama pada jaman dulu, dan hingga kini pun masih sangat ramai.

Kawasan Perdagangan dan alun-alun….

Secara umum Bodjong Weg dibagi dalam 3 (tiga) kawasan yaitu kawasan pertama mulai jembatan Berok hingga perempatan Duwet (sekarang Gendingan), kawasan kedua mulai perempatan Gendingan hingga simpang enam Bodjong (area taman di Jl Depok, Jl. Thamrin, Jl. Tanjung, Jl. Piere Tendean, dan 2 ujung Jl. Pemuda), kemudian kawasan ketiga dari simpang enam tadi hingga Wilhelmina Plein (sekarang Tugumuda).

Bodjong Weg

Pusat Perdagangan dan Pemerintahan

Bodjong WegBodjong Weg

Foto-foto Kisah Bodjong Weg ini diambil di kawasan pertama. Mulai Hotel Du Pavillon (Dibya Puri) hingga perempatan Jl. Gendingan. Bangunan lama yang masih terlihat bagus dan terawat tinggal Toko ‘Oen’. Sementara lainnya tertutup oleh bangunan baru atau bahkan sudah dirobohkan dan diganti baru.

Bodjong WegBodjong WegBodjong Weg

Foto-foto bagian ini diambil tahun 2012 atau sekitar 5 (lima) tahun yang lalu dan perubahan yang terjadi hingga kurun waktu ini (2017) juga cukup banyak. Nantikan pada liputan foto berikutnya, juga 2 area berikutnya menuju kawasan Tugu Muda. (Rahman Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here