myimage.id | Om Swastiastu, Namo Buddhaya. Semoga kita hari ini selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Sebuah promo seni budaya lewat tari-tarian khasnya Jawa Tengah sangat tepat manakala Wisatawan Asing datang ke Indonesia. Ini semua terlihat manakala kedatangan Norwegian Jewel yang merupakan sebuah kapal pesiar berbendera Bahamas yang pada tanggal 2 Pebruari 2019 berlabuh di Tanjung Mas Semarang dengan membawa 2000 wisatawan dari Australia, Asia dan Amerika untuk berkunjung ke Indonesia khususnya di Jawa Tengah (Semarang).Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangTapi kali ini hanya 800 wisatawannya yang turun menikmati keindahan tempat-tempat wisata di Jawa Tengah. Ada beberapa tempat wisata yang didatangi, diantaranya Kota Semarang dengan Kota Lama (Gereja Blenduk), Sam Poo Khong, Lawang Sewu dan Masjid Agung Jawa Tengah, kemudian Kabupaten Semarang dengan Museum Kereta Api Ambarawa dan Candi Gedong Songo.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangSebelum wisatawan dengan Kapal Pesiar Norwegian Jewel ini berkunjung ketempat-tempat wisata tersebut, mereka disambut seni budaya Indonesia khas Jawa Tengah oleh Sanggar Greget Semarang yang bekerja sama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dengan menampilkan Tari Srikandi Burisrawa, Tari Semarang Indah, Tari Simpang Lima Ria, Tari Praon dan Tari Suwe Ora Jamu secara live show dengan iringan musik gamelan klasik Jawa.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangSeniman penyambutan Norwegian Jewel di Tanjung Mas.

1Pembimbing:
  1. S. Pamardi., S.Kar., M.Hum
  2. Saryuni Padminingsih S.Kar., M.Sn
2Penanggung Jawab:Yoyok B. Priyambodo
3Pimpinan Produksi:
  1. Sekar Arum C.P
  2. Agus Winarno
4Penari:Sangghita Anjali, Eldo, Basitha Ayu, Ade Melia, Gabriella Athalia, Hasya Alvinki, Adinda Salsabila, Deva Amelia
5Niyaga:Mahendra, Ratna Wulan, Priyanka Tantri, Intan Meyla, Erisa Nanda, Davina Dara

Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangSelain tempat-tempat wisata Jawa Tengah terkenal juga dengan keanekaragaman makan khasnya mulai dari lumpia, ganjel rel, wingko babat dan tahun gimbal (Semarang),  Nasi Liwet, Selat Solo, Serabi Solo, Tengkleng (Surakarta) dan itu merupakan makanan unik dan lezat bagi para wisatawan ini.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarang“Sesuatu yang sangat spesial dalam hidupnya ketika bisa berkunjung di Indonesia, khususnya Semarang, sangat menarik seni budayanya dan masyarakatnya ramah tamah. Sangat senang dengan tari-tariannya, terasa unik dan menarik pada bentuk gerak dan kastumnya”, ujar Cristian (Wisatawan dari Australia).Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangSanggar Greget Semarang beralamat di Jl Pamularsih I no 2-G, Semarang, dipimpin oleh Yoyok B. Priyambodo yang lahir pada tanggal 25 April 1966 di Semarang. Belajar menari dari orang tuanya (Bpk/Ibu Soedibyo) di Sanggar Tari Kusuma Budaya pada tahun 1972. Kemudian pada tahun 1982 bersama keluarganya mendirikan Sanggar Greget Wilang, tapi kemudian berganti nama menjadi sanggar Greget pada tahun 1992 sampai sekarang.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangBeberapa hotel yang digunakan sebagai transit makan dan istirahat sejenak di kota Semarang diantaranya Graha Santika. Di hotel ini biasanya para wisatawan disuguhi Sendra Tari Ramayana, Bambang Cakil dan beberapa tari klasik gaya Jawa Tengah lainnya. Disinilah Sanggar Greget Semarang telah bekerjasama dengan pihak hotel untuk mengemas pertunjukan ini kurang lebih 10 tahun untuk para wisatawan ini. Kemudian hotel Patra Jasa dan Hotel Semesta.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangTapi kali ini di Hotel Semesta Semarang, para wisatawan dengan Kapal Pesiar Norwegian Jewel transit sejenak, walaupun kali ini pihak hotel menyambut dengan cara sederhana, tapi tampilan tari dari sanggar Greget tetap tampil maksimal. Beberapa tarian yang ditampilkan kali ini adalah Tari Srikandi Burisrawa, Tari Goyang Semarang dan Tari Ya’i Semarang.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangDari pengalaman seperti inilah Sanggar Greget ini sering sekali diminta untuk tampil diluar negeri menarikan tari-tarian Jawa Tengah. Inilah kerjasama yang bagus antara Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Tengah dengan kelompok-kelompok kesenian untuk menghibur para wisatawan yang berkunjung di Indonesia khususnya Jawa Tengah.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangIni semua juga sebagai embrio informasi bahwa Indonesia khususnya Jawa Tengah mempunyai seni budaya yang sangat menarik dan beraneka ragam, yang suatu saat pasti para wisatawan asing ini tidak hanya datang ditempat wisata saja tapi juga datang di tempat atau sanggar-sanggar tari juga.Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangSeniman penyambutan Norwegian Jewel di Hotel Semesta.

1Pembimbing:
  1. S. Pamardi., S.Kar., M.Hum
  2. Saryuni Padminingsih S.Kar., M.Sn
2Penanggung Jawab:Yoyok B. Priyambodo
3Pimpinan Produksi:
  1. Sekar Arum C.P
  2. Agus Winarno
4Penari:Sangghita Anjali, Eldo, Madaresty, ANL. Salsabila, Fahma Wijaya, Annora Zoebella, Ari Anisha
5Niyaga:Darsono, Eko, Sulamin, Kirdiono, Andi, Novi, Tika

Norwegian Jewel, kunjungan wisatawan di semarangSebuah sajian seni budaya yang harus selalu ditampilkan disetiap event seperti ini, karena selain sebagai bagian dari pelestarian dan pengembangan budaya secara nyata, ini merupakan bagian dari ekspresi para seniman setelah sekian lama berlatih, disinilah mereka menampilkan apa yang selama ini di pelajarinya, ujar Yoyok B. Priyambodo. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here