myimage.id | Pabrik Tahu Lestari merupakan pabrik tahu yang di jadikan supplier satu-satunya untuk dukungan pembuatan TahuBaxo Ibu Pudji. Jadi segala kebutuhan berapapun untuk pembuatan TahuBaxo Ibu Pudji semua di penuhi kebutuhan oleh Pabrik Tahu Lestari ini. Pabrik ini lokasinya di dusun Gubuk, Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Pabrik Tahu Lestari

Untuk kebutuhan pada hari biasa mereka hanya memproduksi sebanyak 15.000 buah tahu, untuk weekend sekitar 25.000 buah tahu, tapi untuk hari raya seperti Lebaran, Natalan dan Tahun Baru produksi pabrik ini akan meningkat sekitar 45.000 buah tahu sehari.

Pabrik Tahu Lestari

Proses pembuatan tahu hampir sama dengan proses pembuatan tahu seperti di pabrik yang lain. Tapi hanya pas perebusan Pabrik Tahu Lestari beda dengan yang lain, pabrik ini menggunakan uap panas dari ketel uap.

Pabrik Tahu Lestari

Proses pembuatan tahu pada Pabrik Tahu Lestari :

Pabrik tahu ini menggunakan kedelai import dengan alasan karena kedelai lokal untuk pemenuhan sehari-hari tidak bisa stabil dapatnya, makanya menggunakan kedelai import dari USA.

Pabrik Tahu Lestari

Kedelai ini sekitar 12 kg di rendam di ember hitam selama 3 sampai 4 jam, di tiriskan kemudian di giling dengan alat khusus giling kedelai di campur air bersih. Setelah digiling di tempatkan pada tempat kedelai cair.

Pabrik Tahu Lestari

Pabrik Tahu Lestari

Kedelai cair ini di masak dengan uap panas yang di hasilkan oleh ketel uap. Ini bedanya karena rata-rata pabrik memasak kedelai cair ini dengan bahan bakar kayu atau pun memakai gas.

Pabrik Tahu Lestari

Setelah masak kedelai cair ini di salurkan pada bagian penyaringan. Disini proses penyaringan ditambah  pemberian bumbu tahu. Pada proses penyaringan ini ada dua limbah, limbah padat yang biasanya nanti di gunakan untuk komboran atau makanan tambahan ternak sapi perah dan limbah cair yang di gunakan untuk bio gas atau pembuatan cacing merah yang di buat di seputar pabrik tahu ini.

Pabrik Tahu Lestari

Dari penyaringan ini ada bakalan tahu, dari bakalan tahu ini kemudian di letakan pada cetakan yang nantinya cetakan ini akan di pres dengan alat khusus yang ada di samping penyaringan ini.

Pabrik Tahu Lestari

Pengepresan ini berfungsi untuk mengeluarkan air yang ada pada tahu dalam cetakan dan lamanya pengepresan ini kurang lebih 30 menit, dan caranya juga pelan-pelan tidak langsung di pres dengan penuh.

Pabrik Tahu Lestari

Pabrik Tahu Lestari

Setelah pengpresan tahu ini, kemudian di tiriskan di rak tahu yang telah disediakan, disini berfungsi untuk mengeluarkan air dan cuka, lamanya penirisan ini kurang lebih 8 jam.

Pabrik Tahu Lestari

Setelah di tiriskan kemudian tahu di potong-potong, satu loyangnya di potong menjadi 90 buah tahu. Kadang kala cetakan segi empat ini tidak presisi sehingga pada tepian tahu di potong untuk mendapatkan segi empat yang presisi, sedangkan potongan kecil-kecil tadi di manfaatkan untuk di buat rolade tahu, sehingga semua tahu yang di buat akan bermanfaat fungsinya.

Pabrik Tahu LestariSetelah proses pemotongan tahu kemudian di goreng, semua proses pembuatan tahu ini ada tempatnya sendiri-sendiri, sehingga kehiginiesannya sangat terjaga. Setelah di goreng di tata pada loyang yang kemudian di letakan di rak.

Pabrik Tahu Lestari

Pabrik Tahu LestariPabrik Tahu Lestari

Kemudian di masukan di tempatnya dengan tempat yang khusus. Setelah proses ini tahu di beri air yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak dari tahunya.

Pabrik Tahu Lestari

Proses pengeluaran minyak ini di lakukan sebanyak 3 kali. Pertama pada sore hari dengan air panas, kemudian malam dan pagi hari dengan air dingin. Setelah ini di lakukan, tahu siap di kirim ke tempat produksi Tahubaxo Ibu Pudji yang nantinya di jadikan tahu bakso. Semua proses di sini sangat di utamakan akan kehiginiesan prosuksi tahu disamping rasa yang enak yang tidak kalah penting. (Soebijanto/reog biyan)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here