myimage.id | Pagelaran Seni dan Budaya adalah sebuah pertunjukan seni tari yang merupakan persembahan dari Sanggar Greget Semarang yang menampilkan tari-tarian kontemporer yang berbasis tari tradisi, yang semuanya tarian yang di tampilkan merupakan ciptaan dari Yoyok Bambang Priyambodo.

Pagelaran Seni dan Budaya

Pagelaran ini merupakan kerjasama antara Balai Pengembangan Seni Budaya dan Bahasa Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah dengan Sanggar Greget Semarang yang berdomisili di jalan Pamularsih no 2-6, Barusari, Semarang Barat, Jawa Tengah.

Pagelaran Seni dan Budaya

Pagelaran Seni dan Budaya

Sanggar Greget sangat memeprhatikan dalam regerasi penari-penari sehingga lebih memfokuskan dalam pembinaan penari untuk anak-anak serta remaja, agar mereka mau dan lebih mencintai seni budaya Indonesia lewat tarian. Dengan ini maka secara tidak langsung mereka ikut melestarikan dalam pengembangan seni budaya Indonesia yang harus mengikuti perkembangan jaman sekarang (jaman now).

Pagelaran Seni dan Budaya

Acara ini di gelar tepatnya pada hari Sabtu tanggal 21 Juli 2018 di Gedung Pusat Kesenian Jawa Tengah di Komplek Puri Maerakaca Semarang pada pukul 13.00 wib sampai selesai. Acara ini merupakan acara rutin yang dilakukan oleh Sanggar Greget dimana setiap tahunnya sanggar ini melakukan pagelaran seperti ini setahun 2 kali.

Pagelaran Seni dan Budaya

Dalam Pagelaran Seni dan Budaya ini ditampilkan tari-tarian kontemporer tapi berbasis tari tradisi, antara lain tari bedhaya ratu gayatri, tari warak dugderan, tari ralasati krida, tari jhatilan topeng, tari song-song riwis, tari kalong, tari denok deblong, tari krida pring dan tari kluruk jago.

Pagelaran Seni dan Budaya

Ditengah-tengah tarian ini ada tarian selingan yang special dengan ditampilkan balet anak-anak yang lucu dan menggemaskan dari Sanggar Sagghita. Anak-anak ini menampilkan gerak-gerakan dasar balet dengan lucu tapi dinamis yang menggundang senyum bagi siapa saja yang melihatnya.

Pagelaran Seni dan Budaya

Pagelaran Seni dan Budaya

Pagelaran Seni dan Budaya ini selain sebagai bagian dari latihan yang dipentaskan, juga sabagai sarana untuk melatih kemampuan para penari Sanggar Greget untuk menambah jam terbang mereka tampil di hadapan kalayak umum, setelah sekian lama berlatih di Sanggar Greget.

Pagelaran Seni dan Budaya

Pagelaran Seni dan Budaya

Dengan adanya Gedung Pusat Kesenian Jawa Tengah di komplek Maerakaca Semarang, Jawa Tengah ini, diharapkan menjadi wadah bagi seniman-seniman Jawa Tengah untuk menampilkan karya mereka sebagai bagian dari ekspresi seniman Jateng, yang tidak menutup kemungkinan sebagai bagian dari sektor Pariwisata untuk menarik wisatawan asing atau lokal untuk datang ke Indonesia, khususnya Jawa Tengah. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here