myimage.id | Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017 merupakan acara seni dan budaya yang di lakukan para pemerhati dan penggiat budaya yang ada di kota Solo, dilaksanakan di Pasar Triwindu Ngarsopuro. Dalam budaya Jawa ada istilah pergantian tahun yang di kenal dengan nama bulan Suro yang selalu menjadi momentum untuk mawas diri maupun untuk instropeksi terhadap pribadi masing-masing, bahkan memasuki bulan Suro banyak masyarakat Jawa yang melakukan laku tirakat untuk mencari apa yang diinginkannya.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Suro Bulan Budaya sebagai tradisi budaya masyarakat Jawa yang sudah dari dulu yang masih terpelihara dan berjalan sampai sekarang dengan baik. Dalam filosofi masyarakat Jawa selalu menginginkan keharmonisan dan keselarasan dalam kehidupan yang berkonsep mamahayu hayuning bawono dan selalu menjadi landasan pakarti dalam setiap tindakan yang di lakukan manusia di dunia ini.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Setiap perbuatan manusia terutama orang Jawa selalu bermuara dan membawa kebahagian masyarakat dan keselarasan dunia. Dalam konteks inilah dalam manusia Jawa, kita harus dapat mengolah rasa dan budi yang artinya kita dapat mengambil hikmah dalam setiap kejadian yang telah terjadi di dunia ini.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Dalam satu bulan penuh di bulan Suro Bulan Budaya 2017 dan gaungnya dapat dirasakan bersama, dimana masyarakat ikut serta dalam seni dan budaya yang tumbuh, sehingga kesadaran masyarakat untuk memiliki seni dan budaya harus di kembangkan terus, walaupun bulan Suro pada tahun ini sudah berakhir, namun kegiatan atau event-event untuk eksplorasi budaya jangan pernah berhenti. Masyarakat harus memiliki spirit dan motivasi untuk selalu menjaga dan melestarikan sekaligus memasyarakatkan budaya sebagai roh di bulan Suro sebagai bulan Budaya sehingga menciptakan akan cinta budaya Indonesia khususnya budaya Jawa.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017 menjadi tontonan dan berguna bagi masyarakat khususnya. Mengapresiasikan para penggiat dan pemerhati budaya yang memiliki konsistensi yang tinggi dan konsekuen bagaimana mengisi kegiatan-kegiatan yang telah di alokasikan tiap tahunnya dan Bulan Suro sebagai bulan kebudayaan.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Suro Bulan Budaya menjadi manifestasi Kota Solo sebagi kota budaya memang memiliki daya kreatifitas dan inovasi terhadap kegiatan-kegiatan budaya sehinga Solo yang merupakan kota budaya yang sesungguhnya banyak diisi oleh event-event budaya yang berbagai tempat yang sudah lama berlangsung.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Diharapkan juga banyak di berbagai tempat pada bulan ini, diisi oleh kegiatan budaya yang berbasis tradisi, dan para penggiat dan pemerhati budaya dapat berkolaborasi, sehingga apapun yang dilakukan tiap tahun ada kegiatan budaya ini yang dikondisikan dengan masyarakat. Disini terkandung filosofi dan makna yang sangat dalam yang harus di lestarikan agar seni dan budaya benar-benar ada berkat dorongan masyarakat.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Dukungan penuh terhadap para pemerhati dan penggiat budaya tidak hanya dari pemerintah Solo saja tapi juga dari masyarakat umum, ini yang lebih penting, dimana harus melakukan inovatif dan kreasinya tanpa henti yang berdampak luas terhadap pariwisata. Bagaimana menarik wisatawan lokal maupun asing dengan kegiatan-kegiatan seni dan budaya ini dalam bulan Suro sebagai bulan kebudayaan. Ini adalah satu hal yang sangat istimewa di kota Solo yang mungkin tidak ada di kota lain.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017 di ramaikan dengan pertunjukan senidan budaya yang sudah lama hadir atau baru lahir di kota Solo ini seperti keroncongan, Tari dari Bapak Daryono dengan judul Tali Wali, Tari Sufi dari Safran dan kawan-kawan, Angelique dengan tari yang berjudul Banyu, Bumi, Angin dan Api, Galuh dan Danang dengan tarian dengan judul Sak Laras, Papatsuta dengan karya Pasar Kampung Mbabar Pulung, terakhir diisi oleh musikalisasi SOP.

Pagelaran Suro Bulan Budaya 2017

Apa yang dilakukan dengan seni dan budaya ini dapat diambil nilai-nilai dan manfaatnya baik dari segi wisata dan lain-lain, serta tentu saja dengan kolaborasi dengan lembaga-lembaga kebudayaan, seniman atau stage holder terkait, dan masyarakat Solo yang mempunyai spirit untuk melakukan itu semua. (Soebijanto/reog biyan)

9 COMMENTS

      • saya kok tidak asing dengan coding pemogramannya, kayaknya pernah kenal dengan yang mengerjakan ini, struktur securitynya dll nya khas dari salah satu admin forum, ini bapak soebijanto sendiri yang mengerjakan atau ada team lain yang mengerjakan,, maaf banyak tanya karena saya mau coba nyontoh beberapa codingnya kok di enkripsi md5 semua… bisa bantu di bukak sebentar bapak.. ini hanya untuk keperluan pribadi saya terima kasih bapak sebelumnya

  1. klo bapak membuka jasa developer juga berapa pak membuat website seperti ini dengan struktur dan security sama dan hosting juga sekelas ini ????

    • dulu mas..sekarang saya banyak aktivitas di konstruksi jadi ngurusi buat web banyak saya pending dulu, waktunya dak ada dan hasilnya hanya lelah saja kok mas. buat hiburan saja kalau buat kayak gini kalau saya

  2. waw waw tambah gila saja web ini, serba premium semua, dari gear foto yang di gunakan sampai websitenya, kok aku tidak asing sama sekali dengan gaya pembuatnya ya, yang di pakai soebijanti itu foto asli dan nama asli boleh saya menghubungi bapak kalo di ijinkan, jujur saya penasaran

  3. […] Pagelaran Suro Bulan Budaya merupakan acara seni dan budaya yang di lakukan para pemerhati dan penggiat budaya yang ada di kota Solo, dilaksanakan di Pasar Triwindu Ngarsopuro. Dalam budaya Jawa ada istilah pergantian tahun yang di kenal dengan nama bulan Suro yang selalu menjadi momentum untuk mawas diri maupun untuk instropeksi terhadap pribadi masing-masing, bahkan memasuki bulan Suro banyak masyarakat Jawa yang melakukan laku tirakat untuk mencari apa yang diinginkannya. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here