[metaslider id=2126]

Karena sering Rob, bangunan Pasar Johar pernah akan didongkrak….

myimage.id | Pada Bagian 5 ini merupakan Liputan foto Pasar Johar Bagian Timur, dimana bagian atas terdiri dari lapak berbagai piala, souvenir pernikahan, plakat dan alat-alat rumah tangga. Sementara di bagian bawahnya beraneka konveksi meliputi berbagai batik, baju, daleman dan kerudung.

Agak keluar lagi sejajar dengan Jl. H. Agus Salim, beraneka pigura, cermin, kalender, ada pula buah-buahan. Ada pula kaset, aneka arloji berikut servicenya. Bagian ini seringkali kena air rob dan saat musim penghujan seringkali terkena banjir sekaligus rob. dan air ini masuk juga ke dalam pasar terutama bagian yang agak rendah.

Bagian Pasar bagain Timur ini relatif padat, apalagi sejak peninggian lantai dengan keramik untuk menghindari  masuknya air rob. Akibatnya jarak dengan langit-langit menjadi semakin pendek. Hingga pernah muncul ide untuk ‘mendongkrak’ seluruh bangunan Pasar Johar supaya tidak tenggelam oleh air rob. Entah dengan teknik seperti apa, konon ide itu pernah berhasil digunakan pada bangunan tua di Eropa.

Di Bagian Timur ini ada Toko Batik dan Sarung Tenun Djakarta yang cukup terkenal. Setiap hari selalu ramai, meski memiliki toko di Jl Pedamaran, tapi toko di dalam Pasar Johar lebih ramai. Di area ini ada aneka pakaian dalam laki dan perempuan, aneka arloji, kerudung juga batik lainnya. Pada bagian tengah berjajar panjang lapak kecil pakaian dalam hingga bagian tengah ketemu dengan penjual soto di dalam pasar.

Kembali lagi ke bagian Utara bawah, toko-toko kain tertutup oleh pedagang lapak kecil penjual buku, arloji, elektronik, payung, kalender dan aneka pigura. Juga bagian luar yang bersentuhan dengan Jl. H Agus Salim, sebenarnya cenderung mengganggu kelancaran arus lalu lintas, tapi meski sering dirazia, pedagang tetap membandel dan kembali berjualan di tepi jalan. (Rahman Hakim)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here