[metaslider id=2209]

“Aktivitas pendukung Pasar Johar, bongkar muat Jl. Pedamaran”

myimage.id | Jl Pedamaran dulunya adalah salah satu bagian yang membuat geliat Pasar Johar terlihat di siang hari. Aktivitas yang paling banyak adalah bongkar muat barang ke dalam Pasar. Aktivitas kawasan pada waktu itu biasa dimulai pk. 2 dinihari, dimana pasokan barang mulai memasuki dalam pasar dari berbagai daerah. Ada sayur-sayuran seperti kol, wortel, kentang, tomat, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak yang lainnya.

Nama Jalan Pedamaran sendiri mengambil dari nama tokoh masyarakat sekitar daerah itu yaitu Kyai Damar, yang makamnya ada di Kampung Sumeneban, masih di area Jalan Pedamaran. Seperti halnya nama Pasar Johar juga karena dulunya banyak pedagang yang menjajakan jualannya di bawah pohon Johar di dekat alun-alun Semarang. Yang jelas aktivitas Pasar Johar tak bisa lepas dari dukungan aktivitas di Jl Pedamaran ini.

menyortir kol… membuang kulit yang rusak…
membaca koran…

Nampak dalam foto berikut, seorang tenaga harian sedang mensortir kol, sekaligus memilah-milahnya dalan keranjang. dan adapula pedagang kentang sedang terkantuk menunggu dagangannya dekat timbangan ‘kodok’. Aktivitas aneka pedagang dan interaksinya dengan penjual jasa seperti kuli angkut, tukang becak dan lainnya memang unik dan menarik untuk difoto. Apabila dalam situasi demikian dan kita ingin memotret aktivitas mereka, tak perlu ragu untuk memotret karena mayoritas mereka santai saja ketika difoto. Usahakan bersikap sopan dan tidak mengganggu aktivitas yang dilakukan. Selalu senyum bila bertatapan muka.

Area Jl. Pedamaran samping Pasar Johar ini, kini relatif tak seramai dulu, hanya beberapa truk dan kendaraan angkut kecil yang terlihat. Sebagian besar aktivitas Pasar Johar pasca kebakaran sudah dialihkan ke area Jl Arteri Soekarno Hatta di tanah milik MAJT. (Rahman Hakim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here