[metaslider id=2288]

“Jeding (kamar mandi umum) di Kampung Sedogan, Pedamaran…..”

myimage.id | Masih di seputar Pasar Johar dan kini masuk lagi nylempit ada sebuah Kamar Mandi Umum (WC Umum) atau orang setempat menyebutnya Jeding (kamar mandi dalam bahasa Jawa) tepatnya di jalan kampung Sedogan, lantai satu digunakan untuk kamar mandi umum dan di lantai duanya ada mushola serta tempat istirahat bagi pedagang pasar Johar Semarang.

Menempati bangunan kuno, bernomor 58, tidak ada papan petunjuk atau plang bertuliskan TOILET/WC, umumnya pedagang pasar johar, buruh angkut, tukang becak, sopir dan orang-orang yang sering beraktivitas di jalan pedamaran sudah paham.Kalau butuh tempat untuk peturasan atau ke belakang bisa langsung ke Jeding.

Di jalan kampung Sedogan ini, ada toko mainan Rajawali yang cukup terkenal dan legendaris. Jadi hanya selisih 4 rumah saja. Kalau toko mainan Rajawali masih ramai dikunjungi baik pembeli langsung maupun pedagang mainan untuk dijual lagi. Berbanding terbalik suasana dengan rumah Jeding tadi, semenjak Pasar Johar terbakar dan pedagang direlokasi ke MAJT, tempat ini pun tutup usaha. Barangkali nanti bila Pasar Johar kembali dibangun dan aktivitas mulai ramai, mungkin Jeding juga akan kembali membuka pintunya. Siapa tahu… (Rahman Hakim)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here