[metaslider id=2384]

“Pasca Kebakaran yang menghanguskan, tidak menghancurkan…..”

myimage.id | Foto-foto pada bagian ini adalah situasi Pasar Johar beberapa bulan setelah kejadian yang menghanguskan seluruh bagian pasar dari depan hingga belakang bahkan ke arah pasar Yaik dan Yaik Baru. Terus terang kami tidak memotret sesaat pada waktu kejadian kebakaran Pasar Johar tersebut pada Mei 2015. Ada kesedihan yang terasa setelah bertahun-tahun memotret pasar tersebut dan aktivitasnya, dan perasaan ‘tidak tega’ bisa disirnakan dengan memotret Pasar Johar apapaun keadaannya. Sedikit dari foto-foto ini diharapkan bisa memberikan gambaran bagaimana kebakaran itu bisa menghabiskan seluruh isi pasar tanpa membuat bangunan rancangan Thomas Karsten ini ambruk.

Bagian Depan Pasar bisa dibilang hancur. Coba bandingan foto lama dan setelah kebakaran.

Bagian Jendela terbuat dari kayu sehingga langsung habis dilalap sijago merah. Sementara di  bagian dalam pilar pilar berbentuk cendawan atau jamur masih berdiri kokoh.
Pasar yang tadinya aktif berubah menjadi bangunan sunyi di tengah kota. Saat ini beberapa bagian sudah bocor dan merusak atap, dan bila terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan pasar ini akan runtuh sendiri. (Rahman Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here