myimage.id | Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo adalah pembangkit tenaga listrik yang di bangun  di daerah pantai Pandansimo, Kabupaten Bantul dimana pembangkit listrik ini memanfaatkan keberadaan alam seperti angin dan panas sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik.

Bermula pada bulan Oktober tahun 2010, Kementrian Riset dan Teknologi bekerja sama dengan UGM serta Kabupaten Bantul membangun Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo, desa Srandakan, Kabupaten Bantul. Lahan yang disediakan seluas 4.7 H.

Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo

Sebanyak 33 kincir berdaya 56 Kilowatt dan 218 panel surya berkapasitas 27 Kilowatt, sehingga tenaga listrik total yang di hasilkan PLTH ini sebanyak 83 Kilowatt. Namanya juga tenaga listrik hybrid, jadi yang di hasilkan tidak hanya satu tapi lebih dari hanya angin, sinar matahari juga disini di manfaatkan sehingga percampuran energy ini sangat di maksimalkan di daearah ini.

Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo

Disini terdapat 268 buah baterai yang berfungsi sebagai bank baterai bertegangan 220 V, di mana nantinya di salurkan atau di distribusikan kepada masyarakat yang di gunakan oleh masyarakat sebagai tenaga listrik.  Dalam pembuatan Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo ini masyarakat di libatkan dan diajak merawat instalasinya jika ada yang rusak dan mereka siap ikut memperbaiki, sehingga Pembangkit listrik hibrid (PLTH) Pandansimo ini terjaga 24 jam terus menerus. Juga terdapat tempat workshop yang berfungsi manakala ada instalasi yang rusak seperti kincir anginnya, mereka dengan workshop ini mampu membuat dan memperbaiki kincir angin tersebut.

Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo

Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo sangat membantu masyarakat pantai Pandansimo, selain sebagai penenarangan jalan, listrik ini mereka gunakan sebagai pembuat es balok yang sangat membantu nelayan untuk menyimpan hasil tangkapan ikannya sehingga tetap selalu segar karena adanya es balok ini. Selain itu juga Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo ini di gunakan untuk kegiatan pertanian, dimana air bisa mereka pompa untuk mengaliri pertaniaan mereka sehingga selain sebagai nelayan mereka juga bisa melakukan kegiatan pertanian.

Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo

Dan yang paling penting kegiatan di Pantai Pandansimo ini adalah untuk pariwisata, Mereka dapat berkegiatan 24 jam tanpa henti, mereka bisa menerima tamu tanpa takut tidak ada listrik. Mereka dapat menyajikan makanan yang segar atau fresh yang di inginkan oleh para pelancong pantai Pandansimo ini yang rata-rata minta ikan segar sebagai hidangannya.

Pembangkit listrik hibrid pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo sangat cocok untuk tempat hiburan dan wisata keluarga. Di pantai Pandansimo ini kita dapat menikmati wisata kuliner khas pantai, juga disediakan ATV yang dapat kita gunakan untuk keliling sepanjang pantai Pandansimo dari barat sampai timur. Semoga kegiatan pantai Pandansimo mampu memberikan dampak kepada pantai-pantai yang ada disekitarnya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here