myimage.id | Spekta, itulah kata yang bisa di katakan untuk acara Pembukaan SIPA 2018, sebuah pertunjukan yang sangat meriah yang ditampilkan dalam bentuk pagelaran seni pertunjukan yang dihadiri ribuan penonton di Benteng Vastenburg Surakarta yang menawarkan beragam seni dari berbagai belahan dunia.

Pembukaan SIPA 2018

SIPA 2018 kali ini diikuti oleh para seniman-senima dari lintas benua Asia, Australia, Eropa, Afrika dan Amerika seperti negara Indonesia, Spayol, Korea, USA, Jerman, Rusia, Italia, Taiwan, Belanda, Philipina dan Zimbabwe.

Pembukaan SIPA 2018Pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke 10 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008, sajiannyapun selalu berupa pertunjukan kolosal yang spetakular.

Pembukaan SIPA 2018

Sebuah penyelenggaraan event international yang megah dengan segala kemewahan yang selalu dihadiri oleh ribuan penonton tiap tahunnya baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Pembukaan SIPA 2018

Event International ini kali ini di adakan pada tanggal 6 sampai 8 September 2018 dengan mengusung tema “ We are the World-We are the nations” yang mempunyai arti “kita adalah satu bangsa satu dunia” yang merupakan pesan moral yang disuarakan dan digeloran dalam SIPA 2018.

Pembukaan SIPA 2018

Pembukaan SIPA 2018 diwarnai dengan tarian-tarian dengan kareografi yang indah, tapi sebelumnya acara ini ada pesta kembang api yang hingar bingar yang melibatkan ribuan penonton yang hadir membuat suasana Benteng Vastenburg Surakarta terasa megah, mewah dan mempesona.

Pembukaan SIPA 2018

Pembukaan SIPA 2018 diawali dengan opening ceremony yang dilanjutkan dengan tampilnya maskotnya SIPA 2018 Melati Suryodarmo, kemudian dilanjutkan Leineroebana Dance Company dari Belanda, Suling Bambu Dasarai Lamaknen dari Belu Atambua NTT, Studio Taksu dari Surakarta, Chinese Youth Goodwill Association dari Taiwan dan di tutup Gilang Ramadhan feat Smiet dari Jakarta dan Palu.Pembukaan SIPA 2018

Selain pertunjukan dalam Pembukaan SIPA 2018 juga memberikan pesan kebersamaan dalam keberagaman melalui keindahan seni pertunjukan semua bangsa menyatu dalam semangat kebersamaan. Lewat seni budayalah maka semua menjadi satu kesatuan yang utuh.

Pembukaan SIPA 2018

Momentum SIPA 2018 dapat membumikan keberagaman seni dan budaya dunia yang mempunyai identitas yang menjadi ciri khas identitas Nusantara, yang dapat dijadikan alat untuk mempersatukan dunia dengan kebersamaan dalam perbedaan bagi masyarakat dunia. (Soebijanto/reog biyan)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here