penambang batu

myimage.id | Penambang batu merupakan satu pekerjaan mencari batu di lereng bukit yang sangat tidak pernah di lirik orang, terutama anak muda untuk menekuninya, selain pekerjaan ini kasar juga membutuhkan tenaga yang besar dan yang paling berat adalah berisiko kehilangan nyawa.

penambang batu

Seperti yang di lakukan oleh Gustyo (Jumain) warga dusun Leyangan RT 01/RW 02, Kecamatan Ungaran Timur, menekuni pekerjaan ini demi menghidupi keluarga anak istrinya. Dengan resiko yang sangat tinggi yang boleh di katakan antara hasil yang diperolehnya dari penambang batu ini dengan resiko yang akan dan selalu mendampinginya sangat tidak sepadan karena yang dilakukan nyawa adalah taruhannya.

penambang batu

Hanya dia diantara teman-temannya yang mampu melaksanakan pekerjaan ini, mencari batu diantara lereng bukit dengan peralatan yang sangat tidak aman dia melakukan ini semua. Hanya dengan berbekal seutas tali, bodem, palu, dongkrak, belah, yang merupakan alat-alat kerjanya, dia bergelantungan mencari dan menjatuhkan batu di lereng bukit.

penambang batu

Penambang batu biasanya kerja secara berkelompok, tergantung dari kuat tidaknya fisik yang mereka punyai. Kalau Gustyo biasanya di kerjakan sendiri. Dia merasa masih mampu untuk melakukan itu semua. Dan hasilnyapun jauh lebih efektif kerja sendiri, dari mencari batu di lereng bukit sampai membuat batu itu sesuai ukuran yang dipesan sama pembeli lewat juragannya.

penambang batu

Sebelum menekuni sebagai  penambang batu dia Gustyo pernah merantau di Sumbawa sebagai buruh pembuat gula merah, pabrik tahu bahkan sebagai nelayan. Tetapi karena ingin dekat dengan keluarga maka dia pulang ke Jawa lagi. Penambang batu merupakan pekerjaan yang ada di lingkungannya dan sampai sekarang di tekuninya.

penambang batu

Walaupun dengan resiko yang tinggi, dia melakukan semuanya ini. Dua kakaknya juga melakukan pekerjaan ini dan semuanya meninggal dunia karena jatuh dan tertimpa batu di lereng bukit yang biasanya dia kerja sebagai penambang batu ini. Tapi karena harus bertanggung jawab menafkahi  keluarganya, apapun pekerjaan itu selama halal, dia lakukan juga. Kalau boleh memilih dia akan memilih pekerjaan lain yang resiko nyawa hilangnya tidak ada. Tapi karena ini adalah satu-satunya keahliannya maka dia melakukan ini dengan lapang dada. Semoga pekerjaan apapun kalau dilakukan dengan tekun dan dengan hati akan membawa berkah. (Soebijanto/reog biyan)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here