myimage.id | Klenteng Tay Kak Sie merupakan salah satu klenteng tertua yang ada di Semarang. Dalam rangka menyambut hari besar Imlek klenteng ini mengadakan rangkaian upacara penyambutan  dengan upacara awal yang di laksanakan pada hari Minggu tanggal 22 januari 2017 mulai pukul tujuh pada sampai selesai. Awal upacara dengan acara jamasan yang artinya bersih–bersih klenteng mulai dari altar sampai pada patung-patung yang ada di dalam klenteng tersebut. Jamasan Klenteng Tay Kak Sie  ini merupakan rangkaian menghadapi perayaan hari besar Imlek yang dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2017.

Klenteng Tay Kak SieKlenteng Tay Kak Sie

Dimana sebelumnya pada tanggal 13 Januari 2017 dilaksanakan doa bersama di dalam klenteng yang dilaksanakan pada sore hari mulai pukul 4 sore yang diikuti oleh para anggota Klenteng Tay Kak Sie. Setelah acara doa bersama ini ada satu rangkaian acara yang dinamakan 24 SIANGAN dimana disini di gambarkan atau simbolisnya manusia membakar kertas yang berisi harapan dan doa untuk keselamatan manusia melalui dewa dewanya yang naik kesurga. Tapi sebenarnya yang naik menemui Tuhan Yang Maha Esa itu hanya Dewa Bumi (Lo Tek Sing Sing) dan Dewa Dapur (Cong Kok Kong) di mana setiap tahun mereka memberikan laporan keadaan di bumi , maka banyak manusia sebelum acara ini banyak yang selalu berdoa dan berbuat baik agar dilaporkan dewanya ke Tuhan Yang Maha Kuasa itu yang baik baik.

Klenteng Tay Kak SieDari rangkaian ini kemudian di lanjutkan Jamasan Klenteng Tay Kak Sie (bersih-bersih patung dan altar) dimulai dengan pembersihan patung 3 Budha terdiri dari Satia Muni, Amitaba dan Ya Kok Soe. Kemudian patung dewi Kwan In yang di samping kanan kirinya di kawal oleh Sam Po Tay Djien dan Thian Siang Seng Boo atau yang lebih dikenal dengan 18 arhat maksudnya mereka adalah 18 pengawal dewi yang jago bertarung  dan siap membantu dewi Kwan In setiap saat.

Klenteng Tay Kak SieKlenteng Tay Kak SieKlenteng Tay Kak Sie

Tidak ketinggalan dewa dewa lain yang ada pada  Jamasan Klenteng Tay Kak Sie juga semua di bersihkan. Pada acara Jamasan Klenteng Tay Kak Sie ini tiap-tiap dewa ada petugas atau umat yang secara berkelompok-kelompok membersihakan altar atau patung  dewa sendiri-sendiri. Acara Jamasan Klenteng Tay Kak Sie biasanya dilaksanakan setahun dua kali. Pertama waktu menghadapi hari raya Imlek dan keduanya waktu hari ulang tahun Klenteng Tay Kak Sie.

Klenteng Tay Kak SieKlenteng Tay Kak Sie

Pada hari imlek yang di laksanakan pada tanggal 28 Januari 2017 dilaksanakan pada pagi hari tanggal 27 Januari 2107 dimulai pukul 00.00 wib yang diikuti oleh para umat Klenteng Tay Kak Sie. Mereka mengikuti yang disebut Sembayang Tian. Dengan urutan petugas menyiapkan dan memandu umatnya untuk sembayang Tian. Mulai dari membunyikan tabur dan Genta yang ada di dalam Klenteng Tay Kak Sie, petugas itu antara lain pimpinan upacara dan para pendampingnya, kemudian petugas upacara membagikan dupa dimana dupa ini.

Klenteng Tay Kak SieKlenteng Tay Kak Sie

Untuk persembahan dewa yang ada di Klenteng Tay Kak Sie yang di tancapkan ke dalam hiolo yang dilakukan dengan  berdiri dan berlutut serta menggangukan kepala sampai 4 kali yang kemudian petugas menyerahkan surat doa dan membacakannya. Setelah ini dilakukan umat menghadap altar Makco Kwan Se Im Posat, yang kemudian petugas membagikan dupa lagi dan umat berdiri dan berlutut serta menggangukan kepala sampai 6 kali berulang dan terakhir li bi, dui ban ( upacara selesai). (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here