myimage.id | Pertunjukan Reog merupakan sebuah pertunjukan seni budaya yang semakin merakyat, ini bisa di buktikan dimana sekarang setiap pertunjukan reog ini bisa kita nikmati hampir di setiap pagelaran dimana saja sekarang, tanpa kita harus kedaerah aslinya di daerah Jawa Timur kota Ponorogo yang dianggap sebagai asal dari seni budaya reog ini. Setiap Pertunjukan Reog sampai sekarang masih dihubungkan dengan pertunjukan seni yang berbau mistik dan ilmu kebatinan.

Pertunjukan Reog

Ciri khas tarian reog Ponorogo ini adalah setiap geraknya selalu menampilkan kelincahan dan gerakannya selalu mantap. Sedangkan ikon dari tari reog Ponorogo ini selalu menghadirkan Warok, Jathilan, Bujang Ganong (Ganongan) dan Barongan disetiap pertunjukannya.

Pertunjukan Reog

Kesenian Pertunjukan Reog banyak sekali di adopsi oleh para seniman di daerah luar Ponorogo yang sekarang hampir tiap daerah mempunyai grup tari reog, seperti grup reog Singo Santoso Sakti dari Dusun Kretek, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat , Kabupaten Semarang. Grup ini mengadopsi tari reog tanpa meninggalkan ciri khas dari daerah aslinya, mulai gerakan tarinya sampai dengan bentuk barongannya yang merupakan ikon terpenting dari seni pertunjukan reog ini.

Pertunjukan Reog

 

Untuk menjadi seorang penari reog terutama yang memakai Barongan di atas kepala bukan sesuatu yang mudah. Yang jelas membutuhkan stamina yang kuat dan dan prima, karena barongan ini yang dipakaikan di kepala penari dengan bentuk topeng singa dengan asesoris di sekitarnya dihiasi bulu merak beratnya kurang lebih sekitar 50 sampai 60 Kg.

Pertunjukan Reog

Bahkan kadang banyak para penari reog yang memakai Barongan di kepala ini mengambil resiko yang sangat besar sekali dengan menaikan seorang penikmat tarian ini untuk duduk diatas kepala singanya. Perlu diingat bahwa untuk kekuatan penari untuk bisa menahan Barongan ini diatas kepalanya hanya bertumpu pada gigitan giginya yang di mana ada satu tempat pada kepala singa itu untuk digigit oleh penarinya.

Pertunjukan Reog

Musik pengiring dari pertunjukan reog Ponorogo ini rata-rata dari alat musik tradisional gamelan yang masih mengadopsi musik tradisional reog. Tapi seiring perkembangan jaman dan para seniman juga ingin menambah kasanah seni musiknya, mereka mencampurkan musik pengiring ini dengan musik lainnya sehingga menambah bervariasinya seni pengiring musik pertunjukan reog ini.

Pertunjukan Reog

Reog Ponorogo bahkan pernah ditampilkan disalah satu situs web resmi Kementrian Kebudayaan dan Warisan Malaysia yang menimbulkan tanda tanya bagi banyak warga Indonesia terutama para seniman reog Ponorogo Jawa Timur. Akhirnya Negara Indonesia mengkomfirmasi kebenaran itu, dan Malaysia mengakui bahwa tari reog Ponorogo ini berasal dari Indonesia yang di bawa oleh para Imigran asal pulau Jawa Indonesia, yang tinggal disana sebelum pembentukan Negara Republik Indonesia. Maka kita dengan segala kelebihan seni budaya Indonesia yang sangat banyak sekali harus mampu menjaganya serta membuat lebih beragam dan lebih kaya. (Soebijanto/reog biyan)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here