myimage.id | Pola komposisi atau pengulangan bentuk merupakan salah satu unsur penting dalam komposisi foto. Bila ditempatkan pada kompososi yang tepat, pola dapat menampilkan estetika visual yang sangat kuat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali unsur pola yang ada di sekitar kita. Ember-ember mandi, pot-pot bunga di pinggir jalan, jajaran tiang bendera, atau petak-petak sawah, anak sekolah berseragam berbaris dan sebagainya.

pola komposisi
Pola komposisi, kursi yang berperspektif, makin jauh makin kecil.

Pola Komposisi

Yang perlu diperhatikan, memotret dengan kesan pola akan menjadi artistik bila obyek tersebut berdiri sendiri, sejenis, senada, sehingga saling mendukung. Sebaliknya, pola komposisi bisa dengan warna kontras namun dengan pengulangan objek yang sama, sehingga tidak saling bertabrakan. Hati-hati bila harus dipadukan dengan objek lain, di mana pola menjadi latar belakang atau latar depan. Hasil pemotretan yang baik adalah bila antara komposisi pola dan obyek selaras, atau justru kontras, bukannya malah bertabrakan sehingga merusak keindahan.

Garis

pola komposisi
Komposisi Garis Diagonal, dimana dalam foto seolah-olah ada garis diagonal menghubungkan 2 sudut gambar.

Dalam pemotretan luar ruangan, garis menjadi pusat perhatian obyek foto. Objek pemotretan yang bisa digunakan sebagai elemen garis antara lain pagar, pohon, garis atap rumah, jalanan.
Elemen garis dalam komposisi, sebaiknya diletakkan pada sepertiga bagian bidang pemotretan. Elemen garis dapat membuat keseluruhan komposisi menjadi lebih dinamis, seimbang atau mendukung objek foto. Contohnya adalah garis horizon yang memisahkan laut dan langit. Unsur komposisi garis bisa berupa vertikal, horizontal, diagonal, atau garis lengkung.

Warna

Warna merupakan kekuatan foto. Melalui warna, mata mudah menangkap sesuatu pesan. Warna juga menciptakan kesan tertentu. Warna cerah atau terang, seperti merah, kuning akan menarik perhatian orang dan memberikan kesan kegembiraan, semangat, dan keberanian. Warna putih mengesankan kelembutan, kesucian, dan kasih sayang. Sedangkan warna-warna muda, seperti pink, biru muda, toska memberikan kesan kelembutan, dan ketenangan.

pola komposisi
Warna pada komposisi, hanya satu warna juga bisa terlihat menarik, dipadu dengan pola.

Materi komposisi ini merupakan lanjutan dari bagian pertama Komposisi dalam Fotografi, Elemen Foto yang Baik #2, dimana sebelumnya sudah dibahas Unsur Komposisi yaitu Sudut Pengambilan dan Sepertiga Bidang. Bagian Ketiga ditunggu ya. (Rahman Hakim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here