pramuka indonesia

Pramuka adalah Praja Muda Karana, suatu organisasi kepanduan yang didirikan oleh Lord Boden Powel yang berasal dari Inggris, yang kemudian berkembang di seluruh dunia. Pramuka Indonesia sangat diminati oleh kaum muda. Selain itu Pramuka berkembang  di Indonesia pada tahun 1950-1960 an, dan  Pramuka berkembang terus mengikuti jaman. Pramuka berdiri sangat netral, tidak memihak sana sini bahkan tidak masuk dalam dunia  ranah politik.

pramuka indonesia

Dalam perkembangannnya Pramuka Indonesia sangat lebih maju. Pramuka Indonesia di bagi dalam berapa kategori sesuai umur yaitu Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Setiap tahun di Indonesia ada pestanya masing masing kategori pramuka ini. Tetapi yang paling ramai di nanti adalah Jambore Nasional yang di ikuti oleh para Pramuka Penggalang seluruh Indonesia. Di pesta ini Pramuka Indonesia mengakpreasikan semuanya ketrampilan maupun kepintarannya. Mereka berinteraksi satu sama lainnya.

pramuka indonesia

Dimata seorang fotografer Pramuka Indonesia banyak sekali yang bisa di abadikan , selain  yang sangat menarik adalah mengabadikan Pramuka Siaga. Mereka dengan lugunya dan tanpa diatur yang aneh –aneh akan menampilkan sesuatu yang beda…ya namanya juga masih anak-anak. Segala tingkah lakunya pasti sangat menarik untuk di abadikan. Seperti pada beberapa foto disini di gambarkan Pramuka Siaga berfoto dengan konsep “Orang Tuaku Idolaku”….beberapa foto sangat menarik disni di tampilkan oleh anak dan orang tuannya yang sangat menarik. Mulai dari si Pramuka Siaga menunggu ibunya yang menjahitkan bajunya sebelum si Pramuka siaga berangkat aktivitas ……Pramuka Siaga mencium tangan ibunya yang masih sakit di kursi roda yang ditunggui ayahnya…….. Pramuka Siaga mencium tangan ayahnya yang seorang penggembala ternak itik sampai pada seorang ayah yang menggendong anaknya melewati sungai untuk mengantar anaknya ikut kegiatan Pramuka…Dari gambaran ini Pramuka kalau mau di eksplore lebih dalam dengan berbagai  versi sangat menyentuh hati. Dan kejadian seperti ini sebenarnya banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari, tapi sering kali kita abaikan.

pramuka indonesia

Selain itu juga ada beberapa  kegiatan Pramuka Indonesia dengan keluarga dan ini tidak bisa di lepas begitu saja. Seorang ayah dengan bangganya mengantar anaknya untuk ikut Jambore nasional yang notabene pekerjaan si ayah hanyalah penyapu kebersihan jalan…. Gambaran disini sangat jelas, Pramuka dapat membuat bangga orang tua, apapun kepekerjaan orang tua tidak pandang bulu.

pramuka indonesia

Selain dapat membanggakan orang tua, Pramuka Indonesia juga dapat membanggakan lambang Negara (Burung Garuda)….disini di gambarkan seorang Pramuka Siaga dengan akrabnya merangkul teman sebayanya dengan penuh keakrapan dan persahabatan dimana teman sebayanya menggunakan kaos berlambang Garuda Pancasila…suatu moment yang susah sekali di dapat. Dan yang jelas sangat jarang kita jumpai anak kecil dengan kaos yang berlambang Garuda Pancasila. Dan satu lagi disini di gambarkan Pramuka Siaga tidak hanya melulu berurusan dengan duniawi tapi juga berhubungan dengan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Apapun wujudnya mereka tetap sholat pada waktunya…..

Inilah sedikit gambaran tentang Pramuka Indonesia di mata seorang Fotografer……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here