gula aren asli Indrokilo Ungaran

myimage.id | Gula aren asli Indrokilo Ungaran adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren asli Indrokilo Ungaran biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren dan siwalan. Proses pembuatan yang benar-benar alami, ekologis, dan tidak tersentuh bahan-bahan nonalami.

  1. Waktu penyadapan bahan gula aren asli Indrokilo Ungaran tidak sembarangan. Hanya boleh disadap dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Tempat penyadapan dibuat dari bambu petung atau ori. Nira aren segar lebih jernih dan sedikit lebih kental jika dibandingkan dengan nira kelapa segar.

 

  1. Alat penyaring gula aren asli Indrokilo Ungaran terbuat dari bahan bambu yang di atasnya dipasang kain kasa. Setelah disaring, nira segera direbus di atas tungku perapian. Untuk sampai mendidih, butuh waktu 1-3 jam, tergantung banyaknya volume nira.

 

  1. Selama proses pemanasan gula aren, harus diaduk-aduk secara teratur. Buih-buih yang muncul di permukaan nira yang mendidih dibuang, agar diperoleh gula aren asli Indrokilo Ungaran berwarna tidak terlalu gelap (hitam), kering dan tahan lama.

 

  1. Atur cetakan dari batok kelapa di atas papan alas bilamana nira sudah matang. Batok kelapa harus dalam kondisi bersih untuk menjaga hasil cetakan gula aren asli Indrokilo Ungaran ini. Kemudian, nira dituang satu per satu

 

  1. Gula aren asli Indrokilo Ungaran dalam cetakan mongering. Saatnya mengambil gula dan diletakkan di atas daun jati yang sudah mengering (kelaras). Hal itu dilakukan agar kondisi gula tetap kering dan baik.

 

  1. Proses pengemasangula aren asli Indrokilo Ungaran juga sangat unik, yakni menggunakan daun nira yang masih muda, Gula aren diletakkan sepasang demi sepasang. Dengan pemakaian daun nira, gula aren terhindar dari sentuhan bahan plastik. Kealamiahan tetap terjaga.

  1. Gula  ini dijual Rp. 20.000,- per kilogram. Rata rata dijual di warung-warung kelontong di seputar pengrajin. Pembeli di kawasan ini sudah sangat tahu bahwa kemasan yang satu ini adalah gula aren asli. (Soebijanto/reog biyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here