myimage.id | Ruwatan kok di klenteng????…..hm…ternyata istilah ruwatan tidak hanya di gunakan oleh para kaum Jawa saja. Ruwatan juga di gunakan oleh para penganut di Klenteng Sam Po Kong juga yang disini menggunakan istilah sembayang  POO UN (CI WAK) yang artinya membuang sial atau sesuatu yang jelek pada diri kita dan mohon pada yang kuasa supaya kita di beri kesuksesan serta terhindarkan kesialan dalam hidup dan ini merupakan penyucian dalam hidup, baik di pergaulan sehari hari sampai pada tempat kerja dan keluarga.

Klenteng Sam Po Kong

Ini dilaksanakan pada sabtu tanggal 11 Februari 2017 ( Imlek Cia Gwee 15, 2568) yang dipimpin oleh Nico A. Sioe pada pukul 10.00 wib sampai selesai di Klenteng Sam Po Kong. Acara di mulai dengan berkelilingnya barongsai berkeliling altar menuju gua tempat berdoa yang diikuti oleh para umat.

Klenteng Sam Po Kong

Dan berakhir di depan altar lagi. Kemudian di lakukan menabuh bedug dan memukul lonceng. Sembayang POO UN (CI WAK)  ini sebenarnya dikhususkan oleh yang mempunyai shio Jiong pada tahun ayam. Tapi tidak menutup kemungkinan semua shio jiong bisa mengikuti juga.

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong

Shio jiong tahun ini adalah Jiong besar : ayam, Kelinci, kuda dan tikus, sedangkan jiong kecil adalah kerbau, kambing, babi, ular. Setelah acara sembayangan selesai kemudian acara diteruskan dengan membakar sengkala yang diwujudkan dengan bentuk manusia, kapal, dan lembar doa yang di wujudkan dalam bentuk kertas yang kemudian di bakar bersama sama di halaman  Klenteng Sam Po Kong.

Klenteng Sam Po Kong

Ruwatan kalau di kaum jawa biasanya mereka mengelar pertunjukan wayang kulit tapi kalau ini di Klenteng Sam Po Kong ini di gelar juga pagelaran Barongsai yang di ikuti oleh tiga kelompok barangsai yang bermukim di Jawa Tengah. Kelompok ini antara lain ETDT (Elang terbang dari timur), Nacha Dharma dan Lion Dragon.

Klenteng Sam Po Kong

Mereka beratraksi dan berkompetisi menampilkan seni barongsai dengan atraktifnya dimana kelompok satu dengan kelompok yang lain saling punya kelebihan satu sama  lainnya. Pengunjung di Klenteng Sam Po Kong merasa terhibur dengan pertunjukan ini. Walaupun dalam keadaan hujan yang tidak menentu, mereka dengan sabar menanti, menunggu serta menyaksikan pertunjukan ini sampai selesai.

Klenteng Sam Po Kong

Sembayang  POO UN (CI WAK) di Klenteng Sam Po Kong dilaksanakan setiap tahunnya dan ini dapat di agendakan sebagai suatu pertunjukan yang ditunggu masayakat. Rata–rata masyarakat sudah tahu bahwa dengan datangnya hari Cap Go Meh ini, pasti di Klenteng Sam Po Kong selalu menggelar acara rutin ini dan  dinanti masyarakat semarang dan sekitarnya untuk melihat dan menyaksikan pertunjukan Barongsai. Merupakan agenda pariwisata Kota Semarang yang dapat mendatangkan devisa bagi daerahnya. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here