myimage.id | Saya Pancasila adalah semboyan untuk memperingati Hari Pancasila yang di peringati setiap tanggal 1 Juni 2017 oleh bangsa Indonesia. Peringatan hari Pancasila ini untuk mengingatkan kita tentang perjuangan bangsa Indonesia menghadapi penjajah yang dalam perjuangannya Pancasila di jadikan Dasar Bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kita pada jaman sekarang harus berterima kasih kepada para pejuang bangsa yang telah mendahului kita yang memperjuangkan Pancasila sebagai dasar negara kita. Tugas sekarang kita adalah untuk lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila yang kita terapkan di dalam kehidupan bermasyrakat dan berbangsa.

Karena perjuangan bangsa Indonesia itu dilalui proses yang panjang dan mengorbankan jiwa dan raga dalam mencapainya. Amalan-amalan Pancasila kita sebagai penerus bangsa harus kita lestarikan. Isi yang terkandung di dalam PANCASILA.

  1. KeTuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Dengan Pancasila sebagai dasar bangsa Indonesia maka Pancasila  dapat menyatukan kita dimana bangsa Indoesia sangat majemuk mulai dari agama, adat istiadat, golongan tapi kita bisa tetap satu dan padu dalam satu naungan bingkai Bhineka Tunggal Ika dimana dasar Negara kita tetap Pancasila.

Bhineka Tunggal Ika inilah kita menjadi terkenal di mata dunia karena dengan kemajemukan kita, walaupun kita berbeda-beda tetapi kita tetap satu dalam kehidupan yang bergotong royong menuju kehidupan yang damai sentosa.

Kita sebagai generasi penerus wajib menjaga Pancasila dalam komitmen kita sebagai bangsa harus ditingkatkan terus, karena Pancasila dapat menguatkan kita disemua lini berbangsa dan bertanah air serta meguatkan kita dalam menghadapi pembangunan ekonomi, sosial, politik dan berbudaya di era globalisasi ini. Kita bangsa Indonesia harus bahu membahu, menyatukan pikiran hati tenaga serta waktu untuk mewujudkan jati diri kita menuju bangsa yang adil dan makmur dengan dasar Negara Pancasila.

Saya Pancasila, Anda Pancasila, semua Pancasila. SELAMAT HARI PANCASILA. (Soebijanto/reog biyan)

SHARE
Previous articlePEMBANGKIT LISTRIK HIBRID PANTAI PANDANSIMO
Next articleTUKANG ROSOK, PROFESI TERPINGGIRKAN #4
SOEBIJANTO adalah seorang Arsitek lulusan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, hobinya fotografi. Biasa dilingkungan relasi maupun teman biasa dipanggil nama kecilnya “KELIK” atau nama beken di dunia maya baik facebook maupun istagram dengan nama REOG BIYAN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here