myimage.id | Sedekah Bumi Nyadran Gunung adalah sebuah acara tradisi nyadran atau sedekah bumi dengan melakukan bersih luangan, pelepasan ayam jantan, guyang pamong desa, doa bersama dan diakhiri dengan ungkapan rasa syukur dengan makan bersama di mata air lembah Mbah Godek Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Acara ini diadakan setahun sekali pada Bulan Ruah Selasa Kliwon yang dilaksanakan sebelum warga melakukan acara Merti Desa atau Pesta Desa oleh warga Dusun Lugung, Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang tepatnya pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 pukul 08.00 wib

Sedekah Bumi Nyadran GunungHampir semua warga Dusun Lugung, Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang tumpah ruah diacara ini, kurang lebih 400 warga desa mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua guyub rukun pada Sedekah Bumi Nyadran Gunung.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Di lembah Mbah Godek Candi Gedong Songo ini, sebelum inti acara, masyarakat melakukan ritual berdoa bersama. Setelah itu mereka menggelar makanan berupa nasi dan lauk pauk yang meraka bawa dari rumah, dimakan bersama- sama dengan hanya beralaskan daun pisang. Suasana kebersamaan dan guyub rukun warga terpancar dari acara ini.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Pada Sedekah Bumi Nyadran Gunung tahun ini ada yang spesial yang beda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana acara ini dilakukan di dua tempat, yaitu di lembah Mbah Godek Candi Gedong Songo dan di pelataran Candi 1 Gedong Songo.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Di Pelataran Candi 1 Gedong Songo acara ini dimulai dengan sambutan-sambutan dari perangkat Kecamatan dan Desa yang intinya menyambut baik acara ini sebagai bagian dari tradisi yang harus dilestarikan yang dilanjutkan berdoa bersama.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Setelah itu digelarlah makanan di atas daun pisang berupa nasi dan lauk pauk sehari-hari yang biasa mereka makan, yang kemudian di makan bersama-sama. Acara ini sempat menarik perhatian wisatawan yang ada di Candi Gedong Songo, baik wisatawan lokal maupun asing menyempatkan melihat acara ini sambil menikmati keindahan Candi 1 Gedong Songo.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Ada yang unik di dalam acara ini dimana ada beberapa orang tua yang membawa anak-anak kecil pada acara ini. Ternyata mereka sudah berpikiran maju sekali, dengan membawa merekalah nanti  sebagai penerus tradisi ini nantinya.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Acara ini ditutup dengan pertunjukan Jaran Kepang dan Drama Tari Nyadran Gunung yang dipersembahkan oleh anak-anak Dusun Legung yang kebetulan mereka kuliah di Universitas Negeri Semarang Fakultas Bahasa dan Seni di panggung terbuka Candi Gedong Songo.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Sedekah Bumi Nyadran Gunung ini diadakan dengan harapkan agar warga Dusun Lugung, Desa Jubelan, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang diberikan ketentraman, kemakmuran, kerukunan dan semangat kegotong royongan serta dijauhkan dari aral melintang.

Sedekah Bumi Nyadran Gunung

Acara ini juga merupakan bagian dari pelestarian dan pengembangan tradisi seni budaya yang hidup dimasyarakat yang ada di Indonesia khususnya Dusun Lugung, Desa Jubelan ujar Nasikin sebagai Kadus Lugung. (Soebijanto/reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here