[metaslider id=3324]

myimage.id | Semarang Night Carnival 2017 merupakan event ke 7 dalam rangka HUT Kota Semarang ke 470. Berlangsung meriah 6 Mei 2017 yang lalu, dengan dukungan siswa SMP dan SMA yang mengenakan pakaian bertemakan Burung Blekok, Bunga Sepatu, Lampion dan Kuliner Semarang. Peserta berangkat dari titik 0 Km Semarang di depan Kantor Pos Besar Johar Semarang dan finish di Lawang Sewu Semarang.

Event tahunan ini memang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Semarang, sepanjang jalan Pemuda sejak sore hari sudah dipenuhi tua muda yang ingin menyaksikan devile karnaval. Dibalik lancarnya acara Semarang Night Carnival 2017 ini, keluhan yang masih muncul adalah molornya acara.

Warna-warni di malam hari memang relatif sulit ditangkap, tapi bukan kendala untuk memotret. Sebagai sebuah suguhan yang diharapkan menarik wisatawan, peran fotografi dalam SNC tidak bisa diabaikan begitu saja. Baik jurnalis, penghobby foto maupun masyarakat umum, mereka dengan perannya masing-masing memviralkan event ini. Peran media sosial sangat terasa sekali dalam mempromosikan acara ini.

Semarang Night Carnival 2017, Tantangan Foto Malam

Dalam artikel sebelumnya mengenai tips memotret karnaval malam hari, sudah disampaikan beberapa tips. Tips untuk tantangan foto malam berikutnya atau dalam memotret acara ini adalah coba mencari sudut yang paling tepat. Peserta memang akan berjalan menyusuri jalan, dan di beberapa lokasi mereka menari dan berputar memamerkan karya kostum yang dikenakan. Salah satu pilihan sudut pengambilan gambar adalah dekat dengan panggung utama. Pada posisi ini peserta beberapa kali berputar dan menari.

Pada lokasi panggung utama juga terdapat lampu sorot yang cukup membantu pencahayaan, sehingga fotografer yang kemampuan kameranya terbatas, bisa terbantu. Tapi juga mesti berhati-hati menunggu spot lampu yang pas. Hindari spot yang berakibat over lighting seperti contoh foto di sini. Tampak pada area wajah cahaya terlalu terang. Usahakan cahsnc 2017aya merata pada seluruh badan atau kostum yang digunakan.
Tantangan foto malam memang cukup membuat fotografer harus cepat bereaksi, padahal kondisi cahaya kurang, sementara peserta relatif bergerak. Cobalah menunggu saat peserta berhenti sejenak.

Bagi penggemar foto yang ingin mendapatkan foto bagus saat Semarang Night Carnival 2017, sementara kalau malam kameranya sedikit bermasalah (noise pada ISO tinggi) maka ada alternatif untuk memotret pada sore hari, yaitu saat persiapan yang dimulai pk 15snc 2017.00. Suasana masih cukup terang sehingga kita masih bisa mendapatkan foto yang baik. Moment yang didapat juga variatif, seperti saat peserta disuapi makan atau minta minum. Cukup unik karena peserta dengan atribut di kepala yang lumayan berat kurang leluasa untuk bergeleng atau menunduk, sehingga untuk makan mesti dibantu disuapi. Moment lainnya adalah persiapan dan keriuhan persiapan karnaval. (Rahman Hakim)

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here