semarang night carnival
[metaslider id=3178]

myimage.id | Semarang Night Carnival adalah gelaran karnaval malam hari dalam rangka HUT Kota Semarang dan pada HUT ke 470 kali ini, SNC akan digelar pada Sabtu malam, 6 Mei 2017. Menampilkan berbagai ragam kostum seni busana yang diperankan oleh siswa-siswi SMP dan SMA serta beberapa kampus di kota Semarang, karnaval ini akan dimulai dari depan Kantor Pos Johar Jalan Pemuda (Jembatan Berok) dan berakhir di area Lawang Sewu. Berbeda dengan karnaval di kota lain yang diselenggarakan pada pagi atau siang hari, menilik namanya saja sudah terlihat bahwa SNC akan berlangsung malam hari.

Kondisi malam hari sebenarnya sangat menguntungkan bagi peserta karnaval, karena udara malam tidak terlalu menimbulkan rasa gerah akibat membawa beban kostum yang berat, sehingga saat berjalan nantinya juga tidak terasa panas. Namun di sisi lain, hal ini menjadi tantangan bagi fotografer dalam mengabadikan foto-foto SNC karena situasinya relatif kurang cahaya, sementara fotografer diharapkan bisa mendapatkan foto yang relatif baik.

Lighting untuk Fotografer

semarang night carnival
Pemotretan menggunakan built in flash…

Semarang Night Carnival pada tahun-tahun lalu panitianya cukup mengantisipasi soal pencahayaan ini dengan menempatkan beberapa lampu sorot yang diarahkan pada peserta di beberapa titik jalan. Hal ini membantu fotografer untuk mendapatkan foto peserta Semarang Night Carnival sehingga bisa nampak bagus, peserta pun juga membawa lampu-lampu led warna-warni sebagai aksesoris. Meskipun sudah ada lampu dari panitia, adakalanya fotografer ingin mendapatkan sudut pengambilan yang berbeda, untuk ini dibutuhkan kiat tersendiri agar tetap bisa mendapatkan hasil yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah
– bila menggunakan flash eksternal, perhatikan kekuatan cahaya dan arahnya.
– penggunaan ISO tinggi hati-hati terhadap noise
– pada speed lambat resiko foto shake (goyang)

Faktor non teknis

Pada pemotretan situasi Semarang Night Carnival, pengunjung biasanya membludak pada area dekat panggung utama dan menjelang finish. Tips non teknisnya adalah
– tetap waspada terhadap barang bawaan
– siapkan bekal air minum
– meski repot bawalah jas hujan plastik ringkas atau payung
pada pelaksanaan SNC tahun-tahun lalu seringkali diiringi hujan, jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Bagi yang pada tanggal 6 Mei nanti berhalangan, tak ada salahnya meluangkan waktu pada Gladi Bersih tanggal 4 Mei 2017 pukul 16.00 di depan Kantor Pos Johar. Sementara yang bisa hadir tanggal 6 Mei, ada baiknya datang lebih awal sekitar pukul 16.00 untuk memotret persiapan peserta  karnaval yang juga cukup menarik. Semoga tips ini berguna bagi penggemar fotografi. (Rahman Hakim)

semarang night carnival semarang night carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here