myimage.id| Pondok boro Darmin adalah tempat penginapan yang biasanya di gunakan para kaum perantau/boro untuk bertempat tinggal sementara, terletak di kampung Sumenepan no 144, Kelurahan Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, merupakan bangunan yang di bangun sekitar tahun 1900.

pondok boro Darmin

Pondok boro Darmin merupakan salah satu pondok boro terbesar di Indonesia yang masih eksis sampai sekarang. Awal mulanya dulu bangunan ini merupakan sebuah gudang yang pada perjalanan jaman beralih fungsi menjadi sebuah pondok boro.

pondok boro Darmin

Pondok boro Darmin rata-rata di huni oleh para pekerja yang bekerja di sekitar Pasar Johar yang merupakan pasar tradisional terbesar di Jawa Tengah. Mereka memanfaatkan pondok boro Darmin ini sebegai tempat bernaung sementara selama mereka bekerja disekitar Pasar Johar ini.

Dengan tarip yang sangat murah Rp.2000/hari mereka sangat terbantu dengan keberadaan pondok boro Darmin ini. Dan rata-rata yang menghuni disini juga dari luar kota seperti Purwodadi, Sragen, Kebumen dan masih banyak lagi. Dengan tarip yang sangat murah ini, memang ada beberapa yang masih harus di perbaiki pada pondok boro ini seperti utilitas penerangan listrik dan sanitasi km/wc masih jauh dari yang di katakan layak.

pondok boro Darmin

Tapi walaupun masih banyak kekurangan pada pondok boro Darmin ini para penghuni disini juga tidak mau kekurangan akal. Karena di seputar pondok boro Darmin ini banyak sekali km/wc yang bayar. Mereka banyak sekali mengunakan km/wc bayar ini karena sekali menggunakan mereka hanya kena biasa paling mahal Rp. 2000. Jadi fasilitas yang kurang pada pondok boro Darmin terfasilitasi dengan adanya km/wc bayar ini.

Penggelolaan di ini juga di kelola dengan profesional. Ketika team myimage datang, pak Sarwoto sebagai pengelola mengatakan dulu penghuninya sangat banyak sekitar 200 orang dalam satu harinya. Dan biasanya mereka tidur dini berdasarkan blok daerah, artinya mereka berkelompok , seperti kelompok Purwodadi, Sragen , Kebumen dan lain-lain.

pondok boro Darmin

Bahkan ada yang tinggal di pondok boro Darmin ini selama lebih dari 30 tahun. Wow …… Sesuatu banget pada pondok boro Darmin kalau sampai ada kejadian seperti ini. Tapi setelah Pasar Johar terbakar penghuninya sampai sekarang sudah banyak berkurang. Katanya ada yang meninggalkan Semarang kembali lagi keasalnya, ada informasi lain juga mereka tinggal di seputar Masjid Agung Semarang untuk mendekati tempat pekerjaan mereka yang nota bene pasar johar di pindah dekat Masjid Agung Semarang setelah terbakar.

Dilihat dari segi photografi, jikalau mau meliput disini siapkanlah lensa dengan bukaan atau f yang besar serta iso yang tinggi. Kalau perlu siapkan tripod untuk meyangga kamera dan lensa anda. Karena tempatnya cenderung gelap pada semua sisinya. Yang sangat menarik disini adalah setiap sudut dan aktifitas para penghuninya sangat fotogenik untuk di abadikan. (Soebijanto/ reog biyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here